Walmart Gunakan Teknologi Kamera AI, Pencurian di Area Toko Menurun

108

Walmart, supermarket raksasa di AS gunakan kamera AI (Artificial Intelligence), pengenal gambar di checkout untuk mendeteksi pencurian. Teknologi ini dipasok oleh perusahaan Irlandia Everseen.

Teknologi Walmart yang disebut missed scan detection untuk mengidentifikasi kapan barang-barang bergerak melewati pemindai tanpa dipindai, melainkan melalui pemantauan CCTV yang dibekali teknologi vision AI.

Kamera juga mengidentifikasi kapan barang dimasukkan ke dalam keranjang belanja tanpa terlebih dulu dipindai oleh kasir. “Kamera melacak dan menganalisis aktivitas di register checkout dan kasir Walmart. Ketika masalah potensial muncul, seperti item barang bergerak melewati pemindai chekcout tanpa pindai, teknologi memberitahukan petugas checkout ”.

Juru Bicara Walmart, LeMia Jenkins mengatakan, penggunaan teknologi tersebut untuk memastikan keamanan pelanggan dan rekanan perusahaan. “Selama tiga tahun terakhir, perusahaan telah menginvestasikan lebih dari setengah miliar dolar dalam upaya untuk mencegah, mengurangi dan kejahatan di toko dan tempat parkir,” kata Jenkins.

Teknologi ini sebetulnya sudah diterapkan di lebih dari 1.000 toko Amazon di seluruh AS selama dua tahun terakhir, dan dapat memantau baik kios swa-check out sendiri maupun kios tradisional yang dijaga kasir manusia.

Amazon menggunakan AI untuk menciptakan pengalaman berbelanja tanpa kasir yang mulus, Walmart menerapkan teknologi tersebut sebagai cara untuk meningkatkan produktivitas karyawannya.