Unimog Road Railer, Kendaraan Yang Bisa Jalan di Rel Kereta Api

122

Mercedes-Benz luncurkan kendaraan serba bisa, termasuk menjadi lokomotif. Inilah Mercedes-Benz Unimog U423. Pabrikan asal Jerman ini, mengenalkannya pada khalayak di pameran InnoTrans, Berlin 18-21 September 2018. Untuk diketahui, InnoTrans ialah pameran perdagangan internasional terkemuka di dunia untuk sektor kereta api.

Nah, mungkin sebagian orang mengenal Unimog sebagai kendaraan militer saja. Namun nyatanya, Mercy tak mau berpangku tangan. Dengan teknologi yang ada, mereka mencoba merambah bisnis non-otomotif. Maka muncullah Mercy Unimog road railer. Fungsinya cukup beragam. Unimog road railer sejatinya digunakan untuk membantu saja, bukan menjadi lokomotif permanen.

Ia cocok digunakan sebagai kendaraan shunting (melangsir). Namun bisa juga dipakai untuk pemeliharaan kabel rel, merapikan bebatuan di samping rel, membawa gerbong, bahkan membawa kargo yang memuat mobil. Mercedes ingin menyasar pelanggan seperti perusahaan kereta api, pabrik (industri) dengan jalur kereta api, operator transportasi perkotaan, perusahaan trem, serta penyedia jasa konstruksi jalur kereta api dan pemeliharaan trek.

Yang pasti Indonesia belum ada barang macam ini. Namun untuk sekadar membawa peranti ringan dan pengecekan rel, Suzuki Jimny lawas sempat dipakai juga di sini. Bahkan ada yang pakai sepeda motor yang disambungkan dengan lori (gerobak kecil). Untuk soal kreativitas, bolehlah kita puji.