Ulasan Peneliti Atas Minyak Goreng Curah Tidak Sehat

122

Minyak Goreng Curah memang murah tanpa bermerek, bahkan masyarakat memilihnya ketimbang bermerek yang harganya lebih mahal. Namun, apakah masyarakat paham akan kandungan minyak tersebut.

Dilansir tempo.com, Salah satu alasannya adalah minyak goreng curah tidak mendapatkan tambahan gizi. “Minyak yang dijual dengan merek, produsen sudah menambah dengan fortifikasi misalnya ada tambahan gizi. Minyak curah itu tidak ada tambahan, hanya kelapa sawit,” ujar Medical Department Kalbe Farma.

Setelah berkali-kali dipakai dan disaring lalu terlihat bening, justru minyak ini kandungannya lemak tidak stabil. Karena atas adanya pemanasan yang berulang-ulang.

“Struktur dari lemak semakin sering dipanaskan, rantainya tidak stabil atau dikenal sebagai minyak trans. Semakin dipanaskan lemak jadi tidak stabil. Kandungan lemak trans tinggi,” ungkap Dedy.

Lemak trans yang bisa menyebabkan penyakit kolestrol, memicu penyakit jantung, berisiko diabetes bahkan sampai kematian.

Seperti yang diketahui, minyak sawit memang disarankan untuk proses goreng atau memasak karena tidak ada ikatan rangkap.

“Minyak yang ada ikatan rangkap tidak boleh untuk menggoreng. Karena semakin panas akan mudah menjadi lemak trans.,” tambah Dedy.