Ubisoft Menggugat MizuSoft, Pembuat Software Cheat!

115

Terlepas dari banyaknya kritik akan perilisan Ghost Recon Breakpoint yang mengecewakan, setidaknya Ubisoft masih memberikan dukungan penuh pada game Tom Clancy’s lain yang masih sangat eksis hingga sekarang.

Game tersebut tidak lain adalah Rainbow Six Siege, game team-based FPS yang sudah cukup lama dirilis dan masih ramai dibicarakan. Ubisoft menaruh perhatian ekstra pada game ini dan ingin mempertahankan keutuhan komunitasnya, termasuk menjamin pengalaman bermain yang bersih dari para cheater.

Untuk itu, belum lama ini mereka sudah melakukan langkah tegas dengan mengajukan tuntutan pada pembuat software cheat bernama MizuSoft, yang diklaim telah mengedarkan cheat untuk Rainbow Six Siege dengan nilai ratusan ribu dolar.

Tuntutan ini diajukan pada tanggal 23 Oktober lalu pasca interview antara media BBC dengan sang hacker dibalik software cheat tersebut. Hacker dengan nama J.V.L. itu mengakui kalau dialah yang mendistribusikan cheat tersebut dan softwarenya sudah digunakan oleh banyak pemain top.

Karena MizuSoft mendapatkan banyak sekali keuntungan dari penjualan softwarenya, Ubisoft tentunya semakin dirugikan apalagi mereka harus mengeluarkan biaya besar untuk memperbaiki eksploit cheat yang ada.

Dengan resepsi buruk yang didapatkan Ghost Recon Breakpoint serta penundaan rilis untuk beberapa game terbaru mereka seperti Watch Dogs: Legion, Ubisoft sepertinya melihat ini sebagai peluang untuk mendapatkan ekstra pemasukan.

Tentu saja usaha ini benar-benar berhak Ubisoft lakukan, karena meraup keuntungan besar dari sebuah software cheat adalah pelanggaran yang serius, apalagi jika pihak developer sampai terkena dampak kerugian untuk memperbaiki eksploit dari cheat tersebut.