Tips Melepas Ban Mobil, Agar Tidak Kecelakaan

104

Jika kalian sedang mengalami peristiwa yang memaksa untuk melepas dan memasang ban, harus diperhatikan, memang tampak tidak terlalu sulit dilakukan. Namun, bukan berarti sembarang dilakukan, karena sangat berisiko.

Ban akan kendor jika pemasangan ban tidak benar dan sudah pasti akan membuat risiko terhadap terjadinya kecelakaan. Melansir dari laman, Suzuki Indonesia, beberapa yang perlu dilakukan untuk melepas mur, agar roda benar-benar dibongkar pasang dengan baik.

1.Ketika melepas mur lakukanlah teknik urutan menyilang antar mur, dan tidak boleh berurutan. Hal ini agar tekanan yang mengikat mur terlepas secara merata.

2.Namun, yang paling krusial dalam hal mur roda ini biasanya terjadi pada saat pemasangan ban. Pemilik sangat disarankan untuk memastikan terlebih dahulu bahwa velg ban sudah benar-benar pas pada tempatnya dan tidak miring.

3. Lalu, mengencangkan mur harus teliti. Prosesnya tidak beda dengan yang dilakukan pada saat pengenduran mur, dengan urutan menyilang.

4.Sebelum pengencangan mur roda, terlebih dahulu diperketat. Jangan langsung mengencangkan supaya semua mur menempel dengan benar pada tempatnya. Bila menggunakan cara ini, velg ban pun akan menempel dengan tepat pada tempatnya.

5.Ini sangat penting agar tidak terjadi masalah, saat melonggarkan mur untuk melepas roda atau mengencangkannya kembali buat pasang ban, sangat dianjurkan tidak sekadar mengencangkan dengan tenaga tangan semata.

6. Bila terpaksa dan dalam keadaan darurat, hanya dibolehkan untuk sementara, namun setelah dikencangkan secara manual tadi, segeralah ke bengkel agar dikencangkan dengan kunci torsi, sesuai ketentuan semestinya dan hindari mengencangkan dengan cara menginjak kunci roda, hal ini membuat dol atau patah mur.

Hindari juga mengencangkan atau melonggarkan dengan cara menginjak kunci roda atau menghentak hal ini bisa menyebabkan baut dol atau patah

Itulah beberapa cara agar melepas dan membongkar ban dengan baik, yang lebih penting mengurangi risiko kecelakaan.