Tips Jaga Kesehatan Di Musim Pancaroba

115

Pergantian cuaca dari hujan lalu panas dengan cepat membuat tubuh harus beradaptasi dengan tepat. Tak sedikit yang kesulitan menghadapi musim pancaroba ini dan akhirnya jatuh sakit.

Perubahan cuaca membuat suhu lingkungan memengaruhi kesehatan tubuh. Pagi yang terasa panas lalu siang terasa dingin, membuat tubuh bekerja ekstra keras untuk beradaptasi menyesuaikan suhu tubuh dengan suhu lingkungan.

Terlebih pada anak-anak, serangan kuman penyakit di sekitar dan padatnya aktivitas di sekolah memicu penyakit kian rentan mengintai di musim pancaroba. Sistem pencernaan yang sebelumnya bekerja dengan baik dengan mencerna makanan dan menjadikannya gula darah untuk ene?gi tubuh, mengalami ketidakseimbangan di musim pancaroba ini.

Hal ini yang membuat musim pancaroba cenderung membuat tubuh akhirnya tumbang. Nah, agar imunitas tubuh tetap baik selama musim pancaroba ini, berikut 5 hal yang perlu kamu lakukan.

Konsumsi makanan hangat

Pastikan makanan yang kamu konsumsi tetap hangat. Dengan makanan yang hangat, akan menjaga suhu sistem pencernaan juga hangat. Makanan hangat yang bisa dicoba yaitu sop ayam. Kuahnya yang masih hangat beserta protein dari ayam dan vitamin dari sayuran sangat baik dikonsumsi di musim pancaroba.

Minum jahe dan lemon

Campuran jahe segar dan lemon serta teh dapat membantu sistem pencernaan bekerja maksimal. Tambahkan madu untuk memberi rasa yang makin nikmat. Tak hanya memberi rasa hangat, minuman ini dapat membantu tubuh merespons terhadap alergi dan mencegah serangan flu.

Bawa jaket

Penting untuk membuat tubuh memiliki suhu yang pas saat cuaca tengah berubah-ubah. Salah satu cara beradaptasinya yaitu dengan menggunakan jaket. Dengan bantuan jaket, tubuh bisa beradaptasi saat cuaca dingin. Lalu saat cuaca tengah panas, jaket bisa dilepas agar suhu tubuh juga sama dengan suhu lingkungan.

Tidur cukup

Tidur cukup sesuai kebutuhan dapat membantu tubuh menyeimbangkan suhu. Dengan tidur yang cukup juga, tubuh dapat meredakan stres dan beban pikiran dengan cepat di mana hal itu menjadi faktor risiko yang mempercepat penyakit menyerang.

Berolahraga dengan cukup

Olahraga secara rutin membantu tubuh memiliki imunitas yang baik. Tapi ingat, hindari olahraga terlalu ekstrem untuk mencegah banyaknya keringat yang keluar agar tidak terjadi dehidrasi di tubuh.

Sumber
Sumber