Ternyata dulu Google, Namanya Bukan Google

130

Ada yang belum tahu, ada yang sudah tahu mungkin. Google, perusahaan raksasa di bidang teknologi yang diawali dengan raksasa pertamanya bernama mesin pencari google, ternyata nama awalnya bukan Google loh…

Loh jadi apa dong nama Google sebelumnya min ?

Namanya adalah ‘BackRub.com’, nah, nama ini bukan dipilih acak, tapi memang ada maknanya. BackRub bisa diartikan sebagai kegiatan mengurut balik ke belakang, atau merunut balik, dan inilah memang yang menjadi kegiatan inti yang dilakukan oleh Google sekarang. Dulu ada istilahnya yang disebut dengan backlink, mirip dengan cara kerja sebuah daftar referensi perpustakaan, atau jurnal. Dalam jurnal internasional atau dalam dunia penerbitan, jika semakin banyak buku atau jurnal yang merujuk ke satu sumber utama tentang suatu topik, maka hal tersebut menandakan bahwa Buku atau Jurnal referensi tersebut adalah sangat penting.

BackRub (Google) bekerja dengan menghitung berapa banyak link yang terhubung ke satu halaman dan dipadu dengan menggunakan pemroses bahasa, didapatlah sebuah angka yang menandakan tingkat atau derajat kepentingan dari sebuah web atau page.

Lalu kapan berubah nama menjadi Google ?

Nah, ini dia. Google bisa dikatakan juga ditemukan secara tidak sengaja alias timbul dari kecelakaan kecil yang membawa berkah 🙂 Sebut saja namanya Sean Anderson seorang mahasiswa pasca sarjana di Stanford, dia menyarankan kepada Brinn dan Page untuk memberi nama ‘Googolplex’ sebuah istilah matematika untuk bilangan yang sangat besar, digunakan untuk menggambarkan jumlah halaman pencarian yang bisa dihandle Google, yakni angka ‘1’ yang diikuti oleh sejumlah 10 pangkat 100 angka 0. Sementara ‘Googol’ sendiri adalah sebuah bilangan senilai 10 pangkat 100. Larry Page setuju dengan ‘Googol’ saja tanpa ‘Plex’.

Disini kecelakaan itu terjadi, Anderson mencoba untuk memesan domain dengan nama Googol, entah kenapa alih-alih mengetik Googol, Anderson mengetikkan Google, dan ajaibnya, nama itu terkesan lebih menarik bagi founder Google. 15 September 1997, resmilah Backrub dibaptis lagi dengan nama baru yaitu ‘Google’.

Nah… sekarang ternyata namanya pun bukan Google lagi loh.. ada yang tau ?

Eh tapi ada yang tau gak ? Sean Andersonnya sekarang kemana ?