Tendangan Bebas yang Ga bisa Dilakukan dengan Bebas

96

Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB) telah memperbarui Hukum Permainan, dan kami sedang memeriksa apa yang telah berubah.

Tendangan bebas
Kiper yang menghadapi tendangan bebas tidak akan lagi harus berhadapan dengan penyusup di tembok pertahanan mereka.

Di musim sebelumnya, pemain dari tim penyerang mungkin mencoba berdiri di antara lawan mereka untuk membuat lubang di dinding atau menghalangi pandangan penjaga gawang.

Hal ini sering menyebabkan masalah untuk wasit karena waktu yang terbuang.

Mulai sekarang, ketika ada tembok yang terdiri dari tiga bek atau lebih, para pemain yang menyerang tidak akan diizinkan berada dalam jarak satu yard (kurang lebih 1 meter).

Jika seseorang kedapatan berdiri di dalam area tersebut ketika tendangan bebas dilakukan, wasit akan memberikan tendangan bebas tidak langsung terhadap mereka.

Bermain dari belakang
Kiper juga dapat melakukan tendangan gawang yang lebih pendek dan tendangan bebas di dalam area penalti mereka.

Bola tidak perlu lagi meninggalkan kotak sebelum bisa dimainkan.

Eksperimen telah menunjukkan bahwa ini menghasilkan permainan yang lebih cepat dan lebih konstruktif.

Peraturan ini juga telah menghentikan taktik buang-buang waktu dimana seorang pemain bertahan sengaja memainkan bola sebelum meninggalkan area penalti, mengetahui bahwa tidak akan ada hukuman dan tendangan gawang akan diambil kembali.

Lawan masih harus tetap berada di luar kotak dan setidaknya 9,15m jauhnya sampai bola dimainkan.

Menunda kartu
Tim yang menyerang sekarang akan diberi kesempatan yang lebih baik untuk mempertahankan momentum penyerangan mereka setelah melakukan pelanggaran.

Jika wasit akan memberikan kartu kuning atau merah tetapi tendangan bebas cepat dilakukan dan menciptakan peluang mencetak gol, wasit dapat menunda pemberian kartu sampai penghentian berikutnya.

Namun, jika tim yang melanggar telah terganggu oleh wasit yang mengeluarkan kartu, tendangan bebas cepat tidak akan diizinkan.

Nah, gimana nih menurut kamu tentang peraturan baru soal tendangan bebas ini?