Tempat-Tempat Bersejarah di Tanah Suci

90

Dua Kota Suci Makkah dan Madinah, memiliki banyak tempat untuk merefleksikan diri serta menambah wawasan baru selain Masjidil Haram, Ka`bah, serta Jabal Rahmah.

Tempat-tempat diatas termasuk tempat yang sangat luar biasa, karena mampu menarik kerinduan para pengunjung. Tetapi, ada beberapa tempat jarang dikunjungi oleh para jamaah.

Bahkan, tak banyak orang tahu dengan tempat-tempat ini:

1.Suquq Lail

Suquq Lail diyakini tempat lahirnya Nabi Muhammad SAW. Suquq Lail, merupakan perkampungan yang terletak di kaki Gunung Abu Qubais, sebelah timur Masjidil Haram.

Selain tempat lahirnya Nabi Muhammad SAW, Gunung Abu Qubais itu diyakini pertama kali diciptakan Allah di atas bumi, dan tempat Nabi Muhammad SAW untuk membelah bulan.

2.Mada’in Salih

Pada tahun 2008 Mada`in Salih diresmikan sebagai Situs Warisan Dunia pertama di Arab Saudi oleh UNESCO, terdapat sekitar 131 monumen makam batu dari zaman nabatea.

Merupakan situs arkeologi terletak di dekat Al-Ula, Provinsi Madinah di wilayah Hijaz, Arab Saudi, yang merupakan peninggalan kerjaan Nabatea dari abad ke-1.

Didalam Al-Qur`an menjelaskan penghuni Mada`in Salih oleh kaum Tsamud pada masa Nabi Salih. Kamu Tsamud yang diceritakan diterjang oleh gempa bumi sekaligus sambaran petir atas hukuman dari Allah karena menyembah berhala.

3.Manthiqa Baidha’

Mantiqha Baidha’ atau perkampungan putih atau juga sering disebut sebagai jabal Magnet merupakan sebuah bukit yang terletak 60 Kilometer dari Kota Madinah. Jabal ini menjadi unik karena penunjuk kompas tidak akan bekerja dan sinyal ponsel akan kehilangan sinyal.

Tarikan magnet yang sangat kuat juga mengakibatkan laju bus atau kendaraan, berpenumpang atau tidak, menjadi lebih lambat meskipun jalur yang dilewati tidaklah menanjak sehingga membuat supir harus berjuang keras.

Itulah ketiga tempat menarik yang belum banyak orang mengetahui, bahkan kita dapat kunjungi dan keberadaan tempat tersebut di Makkah dan Madinah.