Suhu di Bandung Capai 13 Derajat, Ini Kata BMKG!

117

Suhu di Jawa Barat semakin dingin temasuk daerah Bandung. Hal ini membuat masyarakat sekitar harus menggunakan pakaian tebal baik saat beraktivitas diluar ruangan maupun saat tidur.

Lalu kenapa suhu Bandung menjadi dingin? Suhu dingin ini menandakan datangnya periode musim kemarau. Pada saat musim kemarau, angin bertiup yang melewati Jawa Barat angin pasat tenggara atau angin timuran dari arah Benua Australia sehingga suhunya lebih dingin.

Suhu dingin itu disebabkan cuaca cerah yang membuat sinar matahari yang menyinari permukaan bumi sebagian besar terpantulkan ke angkasa.Sehingga radiasi matahari yang tersimpan di permukaan bumi sangat sedikit.

Penyebab lain suhu dingin di Bandung karena masih adanya kelembapan pada ketinggian permukaan hingga 1,5 km di atas permukaan laut yang relatif lembap.

Dari pantauan alat pengukur suhu udara di Stasiun Geofisika Bandung tercatat selama bulan juli 2019 ini terendah 16,4 derajat celcius pada tanggal 12 juli 2019. Sedangkan di lokasi denga elevasi yang semakin tinggi seperti pos observasi geofisika Lembang (1241 meter) tercatat 13,0 derajat Celcius pada tanggal 16 Juli 2019.