Ditemukan Spesies Manusia Baru di Filipina

106

Menurut penelitian baru yang diterbitkan rabu lalu di Jurnal Ilmiah Nature, Terdapat tiga belas fosil tulang dan gigi yang di gali di sebuah gua di Filipina yang mewakili spesies manusia yang sebelumnya tidak dikenal.

Menurut para ilmuwan, Sepesies baru itu bernama Homo Luzonensis, spesies yang mungkin bertubuh kecil dan memiliki campuran tak terduga antara sifat kuno dan modern.

Sisa-sisa sedikitnya terdapat tiga individu yang ditemukan di Gua Callao di bagian utara pulau Luzo. Para peneliti tidak dapat mengekstraksi DNA nya, tetapi para peneliti telah menentukan bahwa salah satu individu tersebut hidup di 67.000 tahun yang lalu.

Homo luzonensis adalah spesies kontemporer tidak hanya dari Hobbit tetapi dari spesies kita sendiri, Homo sapiens, yang muncul di Afrika sekitar 300.000 tahun yang lalu.

Callao Cave Archaeology Project/Handout via REUTERS

Para ilmuwan mengatakan mereka tidak dapat mengesampingkan kemungkinan bahwa kedatangan spesies kita di wilayah tersebut berkontribusi pada kematian Homo luzonensis.

Hobbit juga menghilang sekitar 50.000 tahun yang lalu pada saat yang sama Homo sapiens menyebar ke seluruh wilayah.

Penemuan Luzon dan Flores menunjukkan bahwa kisah evolusi manusia lebih rumit daripada yang dipahami sebelumnya, dengan adanya Asia yang menawarkan sebuah kejutan, berpotensi dengan lebih banyak yang akan datang, kata para peneliti.