SpaceX Luncurkan Roket Falcon Heavy Terbarunya!

167

SpaceX berhasil luncurkan roket Falcon Heavy di Kennedy Space Center, Florida. Sebelumnya, Falcon Heavy telah diluncurkan sebanyak dua kali. Peluncuran uji pertama terjadi pada tahun 2018 dan kedua pada April ketika membawa satelit telekomunikasi Saudi ke orbit. Namun peluncuran gagal, lalu di coba lagi untuk peluncuran ketiga dan berhasil.

Kali ini membawa 24 satelit untuk Departemen Pertahanan dan pelanggan lainnya, dan Mr Musk menyebutnya “peluncuran paling sulit SpaceX.” Sebuah misi yang sukses dapat mengarah pada bisnis tambahan dari pemerintah Amerika Serikat untuk Falcon Heavy.

Falcon Heavy pemacu kuatnya menerangi Space Coast dengan jalur berapi, dan kemudian menciptakan ledakan sonik yang keras ketika dua kendaraan peluncuran yang terbakar berhasil mendarat dengan sukses di landasan pendaratan di Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral.

Falcon Heavy merupakan kemitraan antara Departemen Pertahanan, NASA, Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional dan sejumlah perusahaan swasta. Ke-24 satelit terpisah – termasuk satelit Angkatan Udara untuk penelitian dasar serta sisa-sisa kremasi 152 orang – dikemas bersama dalam muatan terpadu yang secara bertahap akan dikerahkan ke berbagai orbit.