Sony, Microsoft & Nintendo Keluar Dari Kebijakan Trump

108

Menyusul kebijakan Donald Trump terbaru yang menuai banyak pertentangan, akhirnya Sony, Microsoft, dan Nintendo bersatu untuk membuat surat terbuka yang memperingatkan Trump bahwa tarif barang-barang Cina secara fundamental akan melumpuhkan di industri game. Tidak hanya kenaikan 25%, tetapi juga akan membahayakan karyawan, tetapi pelanggan AS pada akhirnya akan membayar 840 juta dollar lebih banyak untuk sebuah konsol.

Surat terbuka yang setebal tujuh halaman itu menyatakan, “Meskipun kami menghargai upaya Administrasi untuk melindungi kekayaan intelektual AS dan mempertahankan kepemimpinan teknologi AS, kerusakan yang tidak proporsional yang disebabkan oleh tarif ini kepada konsumen dan bisnis AS akan rusak bukan memajukan.”

Menurut Sony, Microsoft, dan Nintendo, 96% dari semua konsol game dibuat di Cina tahun lalu, dan merestrukturisasi rantai pasokan untuk mengimbangi biaya akan menghancurkan sektor ini. “Rantai pasokan konsol video game telah dikembangkan di China selama bertahun-tahun investasi oleh perusahaan dan mitra kami,” surat itu melanjutkan. “Ini akan menyebabkan gangguan rantai pasokan yang signifikan untuk mengalihkan sumber sepenuhnya ke Amerika Serikat atau negara ketiga, dan itu akan meningkatkan biaya bahkan di luar biaya tarif yang diusulkan untuk produk yang sudah diproduksi di bawah kondisi margin yang ketat.”