Skuter Listrik Dilarang, Rawan Memakan Korban

121

Pemprov DKI Jakarta menghentikan sementara operasional skuter listrik atau grabwheels. Pemberhentian sementara ini dilakukan, karena pihak Pemrov DKI tidak mau mengambil risiko dengan terjadinya korban selanjutnya.

Syafrin Liputo, Kepala Dinas Pehubungan (Dishub) DKI Jakarta, mengaku tengah regulasi soal penggunaan skuter listrik tersebut. Sebelum pihak yang terkait merampungkan aturan, skuter listrik terpaksa tidak bisa beroperasi sementara di sejumlah lokasi seperti Menteng dan Jalan Sabang.

“Nanti kita akan sampaikan kepada mereka untuk stop dulu, skuter listrik jangan dioperasionalkan di kawasan tersebut, sekaligus menunggu regulasi yang akan diterbitkan,” kata Syafrin.

Selain itu, pihak sedang menunggu investigasi dari pihak kepolisian soal penabrak penyewa grabwheels hingga menewaskan dua orang. Ia juga sudah menyampaikan ke perusahaan Grab, selaku penyedia skuter untuk beroperasi di lokasi yang diizinkan.

“Kita juga sudah menyampaikan, kepada operator escooter. Mereka bisa beroperasi di kawasan-kawasan yang sudah mendapatkan izin dari pengelola,” ujarnya.

Syafrin mengaku akan membutuhkan waktu terkait regulasi yang diterbitkan. Ia akan melibatkan banyak elemen agar mendapatkan kajian yang matang sekaligus tidak ada kejadian yang menimbulkan polemik.

“Nantinya semua elemen kita kaji, sehingga kita mengeluarkan aturan yang tepat, bukan hanya untuk sementara atau sebentar-sebentar direvisi,” tambahnya.

Masyarakat di kota Jakarta, sangat merespons akan kehadiran grabwheels ini, dari mulai anak-anak sampai ke remaja hingga dewasa, bisa dibilang tanggapan dari masyarakat positif akan adanya skuter listrik ini.

Namun, banyak sebagian orang menyalahi aturan dengan tertangkapnya menggunakan alat ini di JPO dan akibatnya 62 panel di tiga JPO rusak.

Kejadian yang menewaskan dua orang yang ditabrak mobil sedan pada pukul 03.45 WIB, minggu (14/11/2019). Meskipun pihak penabrak ditetapkan sebagai tersangka, namun, banyak yang beranggapan soal regulasi grabwheels lah sebagai penyebab salah satu faktornya.