Simpanse Ini Juga Suka Jodohin Anaknya

139

Soal perjodohan, gak cuman menjadi urusan bagi manusia saja. Terbukti, spesies simpanse berjenis Bonobo yang biasa disebut dengan simpanse kerdil ini juga ikut turut andil dalam soal perjodohan anaknya.

Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian simpanse bonobo liar yang tinggal di Kongo dan membandingkan yang simpanse bonobo yang tinggal di Uganda, Pantai Gading dan Tanzania.

Para peneliti menemukan bahwa induk bonobo hidup berdampingan dengan anak mereka yang berkelamin jantan dan mengurusi masalah perkawinan anaknya dengan berbagai macam cara. Hmmm sudah seperti perjodohan manusia saja.

Induk bonobo juga dikenal dengan sikapnya yang protektif terhadap anak mereka. Hal itu dibuktikan ketika anaknya melakukan sesi kawin dengan pasangannya, induk bonobo sibuk menjaga anaknya dari gangguan pejantan lainnya. Wow, menakjubkan!

Dengan tinggal berdeketan dengan anaknya, induk bonobo berusaha mengamankan dan mempertahankan statusnya. Hal ini diungkap dalam jurnal Current Biology bagaimana para induk bonobo sibuk membantu anaknya untuk mencarikan pasangannya. Berasa mak comblang saja..

Perilaku ini juga terjadi seperti pada manusia umumnya dalam bereproduksi, manusia pun memilih untuk fokus meneruskan keturunan anak dan juga cucunya. Begitu juga yang terjadi pada spesies bonobo.

Terdapat hal yang menarik lainnya dari penelitian tersebut diantaranya adalah kehadirannya induk bonobo pada saat anaknya kawin.