Sesuai Janji Moeldoko, Akankah Demo Berlanjut?

99

Para Mahasiswa akan menggelar aksi demo susulan pada Senin 14 Oktober 2019. Aksi demo ini bertujuan mendesak Presiden Jokowi Widodo agar menerbitkan peraturan pemerintah pergantian undang-undang Komisi Pemberantas Korupsi. Pihak Istana menghormati aksi para mahasiswa tersebut, tetapi wajib menjaga ketertiban.

Dikutip tempo.co, “Demo untuk tuntutan apa pun dihimbau agar dilakukan secara konstitusional sesuai dengan aturan yang berlaku, agar tidak merugikan masyarakat,” kata Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi.

Andita enggan menjawab, atas rencana Presiden Jokowi berdialog dengan mahasiswa. Menurutnya yang berhak memutuskan Kepala Staf Presiden Moeldoko.

Moeldoko sebelumnya telah menampung sejumlah perwakilan mahasiswa berbagai universitas pada 3 Oktober 2019. Dihadapan Moeldoko, para mahasiswa memberi batas waktu kepada Presiden Jokowi agar menerbitkan Perpu KPK hingga 14 Oktober 2019.

“Jika 14 Oktober enggan mengeluarkan diskusi tersebut dan tidak ada statement dari Presiden, kami pastikan mahasiswa kembali turun dengan jumlah lebih besar,” ujar Presiden Mahasiswa Dino Ardiansyah.

Selain Dino, yang ikut mengeluarkan ultimatum adalah Universitas Paramadina, Universitas Bakrie, dan Universitas Kristen Krida Wacana. Menurutnya, Moeldoko telah berjanji menyampaikan tuntutanya kepada Presiden.