Seribu Kebaikan Tidak Terlihat Karena Satu Kesalahan

383

Memang siapa sangka, walapun kamu berbuat baik selama hidup tetapi bisa tercoreng buruk bila melakukan satu kesalahan. Seperti guru yang menulis di papan tulis:

Gambar diambil dari Facebook

Setelah guru ini menulis angka dan hasil, tetapi muridnya malah tertawa karena menyadari ada kesalahan dari perhitungan.

Pak Guru bertanya :
“Mengapa kalian tertawa ?”

Dengan serentak murid menjawab :
” Itu yang nomor 1 salaaaaaaah pak!” ( tertawa serentak murid )

Lantas Pak guru pun sejenak memandangi para muridnya, guru tersenyum sambil menjelaskan :
“Saya sengaja menulis seperti itu biar kalian dapat memahami arti tulisan ini”

Guru pun lantas menjelaskan kepada muridnya, karena saya menulis salah seperti ini. Kalian semua harus bagaimana dunia memperlakukan kita. Kalian pasti paham saya menulis dengan 9 kali benar dan 1 kali salah. Kalian dengan serentak lebih cendrung memperhatikan kesalahannya saja, tetapi tidak untuk melihat kebenaranya yang mana 9 kali bahkan tidak ada yang memberikan selamat, dari pada kesalahan 1 kali yang dilakukan.

Beberapa kali kalian atau bahkan beribu-ribu kebenaran jarang yang mengapresiasikan. Justru cendrung mengkritisi kesalahan saja, bahkan sekecil kesalahan yang diperbuat. Ketahuilah muridku, orang lebih dikenal dengan satu kesalahan yang diperbuat, dibandingkan dengan seribu kebaikan yang dilakukan.

Kesimpulanya: Seribu kebaikan yang kita buat tidak akan terlihat, satu kesalahan akan tampak jelas menyingkirkan seribu kebaikan.