Semua Hal Tentang 5G yang Harus Kamu Ketahui

102

5G, teknologi broadband seluler terbaru dan terhebat ini mulai digunakan oleh seluruh dunia.

Seperti evolusi dari 3G ke 4G, lompatan ke 5G akan berarti kecepatan lebih cepat, latensi lebih rendah dan banyak manfaat lainnya. Ini akan menjadi dorongan besar bagi bisnis, gamer, streaming, dan banyak lagi.

Hal ini juga akan memicu lompatan besar. 5G jauh lebih cepat daripada 4G, dan memiliki latensi jauh lebih kecil sehingga bisa menjadi platform untuk semua jenis layanan baru.

Tentu saja, ada juga kerugiannya. Untuk menikmati manfaat 5G, kamu harus memiliki smartphone yang kompatibel dengan jaringan ini.

Apa itu 5G?

Teknologi ini merupakan teknologi jaringan seluler baru. 5G dapat mengirimkan data jauh lebih cepat daripada 4G, lebih banyak dari kita gunakan untuk terhubung ke Internet saat ini.

Tetapi itu juga mengharuskan kota-kota untuk mengatur jumlah small cell yang jauh lebih tinggi, atau pemancar jarak pendek, untuk melayani cakupan geografis yang sama dengan 4G.

Apa artinya itu bagi kamu?

5G berjanji untuk membawa kecepatan yang lebih cepat dan latensi yang lebih rendah – waktu yang dibutuhkan data untuk upload dan download. Ini berarti aplikasi dan layanan yang kamu gunakan, seperti obrolan video dan mobile game, akan jauh lebih cepat.

Teknologi ini berpotensi memperkuat calon big tech unicorn berikutnya seperti Uber atau Snapchat.

Seberapa cepat 5G?

Jaringan akan menjadi sekitar 20 kali lebih cepat daripada jaringan 4G rata-rata, yang berarti kamu bisa mendownload Avengers: Endgame dalam waktu yang diperlukan Thanos untuk menjentikkan jarinya. Latensi bisa serendah 1 ms, dibandingkan dengan 50 ms untuk 4G.

Apakah saya memerlukan ponsel baru untuk menggunakan 5G?

Iya nih. Produsen smartphone seperti Samsung dan Motorola sudah meluncurkan ponsel yang kompatibel 5G, dan Apple diharapkan segera menyusul.

Kamu masih dapat menggunakan smartphone kamu yang sekarang di jaringan 4G sampai kamu siap untuk menggantinya dengan smartphone yang mendukung 5G.

Siapa lagi yang akan mendapat manfaat dari 5G?

Teknologi ini dapat merevolusi bisnis dari pertanian sampai ke manufaktur.

Pemilik pabrik dapat menggunakannya untuk mengendalikan robot mereka. Petani bisa menggunakannya untuk mengawasi traktor pintar otonom.

Produsen mobil melihatnya sebagai teknologi utama untuk mobil self-driving, membantu kendaraan tersebut “berbicara” satu sama lain tentang kondisi jalan, bahaya dan banyak lagi.

Dan seperti teknologi inovatif lainnya sebelumnya, 5G berjanji untuk melepaskan gelombang startup dan layanan baru yang inovatif yang tidak dapat kita ramalkan sebelumnya.

Apakah ada kerugian untuk 5G?

Kebanyakan kerugian 5G yang beredar tidak punya landasan dalam sains.

Orang-orang memiliki kekhawatiran tentang potensinya untuk meningkatkan perangkat lunak pengenalan wajah.

Begitu juga dengan teori konspirasi yang beredar online mengklaim bahwa sinyal 5G telah dikaitkan dengan kanker tidak memiliki dasar dalam sains.