Sejarah Kantong Kecil di Celana Jeans Anda

124

Pertama kali celana jeans diterbitkan di Genoa, Italia pada 1560-an. Jeans biasa dipakai oleh angkatan laut. Celana “bleu de Genes”sebutan dari orang Perancis, meskipun pertama kali produksi, justru jeans dipopulerkan di AS oleh Levi Strauss.

Strauss bertarung dengan nasib ke San Francisco untuk berdagang pakaian.

Alhasil sampai di California barang tersebut habis terjual, kecuali tenda terbuat dari kain kanvas. Tetapi kain kanvas tersebut di olah menjadi potongan untuk menjadi celana agar bisa dijual kepada para pekerja tambang emas. 

Mereka sangat menyukainya karena tahan lama. Strauss kemudian menyempurnakan dengan memesan jeans dari Genoa “Genes”, diubah menjadi “Blue Jeans”.

Karena penambang menyukai jeans tersebut, mereka lantas menobati sebagai celana resmi mereka dan menyebutnya “those pants of Levi`s”atau “Celana Si Levi”untuk mewakili merek jeans pertama di dunia.

Ide cemerlang Strauss membuatnya bekerjasa sama dengan pengusaha sukses Jakob Davis. Di tahun 1880 melahirkan pabrik celana jeans pertama sekaligus memproduksi desain pertama yakni “Levi`s 501”.

Alasan disebut “Levi`s 501”karena produk pertama bertujuan untuk para penambang emas. Celana yang memiliki 5 saku, 2 dibelakang, 2 di depan dan 1 saku kecil didalamnya sebelah kanan.

Di desain mempunyai saku kecil, bukan untuk bergaya-ria, namun bertujuan untuk menyimpan butiran emas berukuran kecil.

Meskipun celana jeans diproduksi beberapa merek bukan untuk penambang emas, namun saku ukuran imut itu tidak di hilangkan. Tentu saja digunakan bukan untuk menyimpan butiran emas.