Selamat Hari Buruh, ini Sejarahnya

124

May Day, May Day, tapi ini bukan Mayday yang sering diteriakkan ketika kondisi sedang darurat dan meminta tolong ya rekan-rekan sekalian.

1 Mei diperingati menjadi hari buruh atau dikenal dengan May Day. Sejarah nya panjang. Menurut sumber dari wikipedia,

“Hari Buruh lahir dari berbagai rentetan perjuangan kelas pekerja untuk meraih kendali ekonomi-politis hak-hak industrial. Perkembangan kapitalisme industri di awal abad 19 menandakan perubahan drastis ekonomi-politik, terutama di negara-negara kapitalis di Eropa Barat dan Amerika Serikat. Pengetatan disiplin dan pengintensifan jam kerja, minimnya upah, dan buruknya kondisi kerja di tingkatan pabrik, melahirkan perlawanan dari kalangan kelas pekerja.”

Kira-kira begini kronologisnya :

Tahun 1806 di Amerika tercatat sebagai pertama kalinya terjadi pemogokan kaum buruh oleh karena tidak manusiawinya jam kerja yang diberlakukan hingga 19-20 jam. Mc Guire menjadi tokoh sentral gerakan buruh di Amerika sekitar tahun 1881. Berbagai pergerakan dipimpin olehnya agar jam kerja buruh dibuat hanya 8 jam, gerakan ini berhasil mempengaruhi para buruh hingga berkembang ke semua negara bagian Amerika Serikat. Kala itu hari buruh masih diperingati di tiap Senin di awal September.

1 Mei 1886, Kerusuhan Haymarket. 400ribu buruh melakukan demonstrasi lebih besar kembali menuntut pengurangan jam kerja menjadi hanya 8 jam sehari. Gerakan ini berlangsung 4 hari hingga 4 Mei, banyak yang menjadi korban, ratusan tewas, dan ada yang dihukum mati.

Juli 1889 Kongres Sosialis Dunia di Paris menetapkan 1 Mei sebagai hari buruh yang berlaku di seluruh Dunia. Maka May Day pertama jatuh di 1 Mei 1890 (tahun berikutnya).

Di Indonesia pada era Sukarno, 1 Mei sudah diperingati sebagai hari buruh di Indonesia, namunpada era Suharto, peringatan ini dihilangkan karena dianggap identik dengan gerakan PKI. Setelah era Orde Baru (Suharto) berakhir, maka sejak 1999, 1 Mei kembali diperingati sebagai hari buruh.

Sejak 1 Mei 1999, beragam cara dilakukan oleh buruh untuk memperingati Hari Buruh yang merupakan penanda perjuangan hak kaum buruh yang sudah berlangsung panjang sejak 1800an.

Nah demikian kisahnya guys. Pertanyaannya, May Day apakah sama dengan Mayday ketika gawat darurat ? Mayday yang satu lagi, adalah permintaan tolong, berasal dari bahasa Perancis m’aidez yang berarti “tolong aku”

Baiklah… sudah tahu ya guys ? Semoga tidak menyamakan May Day hari buruh besok dengan Mayday yang panggilan untuk gawat darurat itu ya ?

Selamat Hari Buruh/Pekerja buat semua pekerja di Indonesia, para pahlawan bagi keluarga dan negara.