Sejarah Baru MotoGP! Marc Marquez, Rider Pertama Tembus 400 Poin

133

Marc Marquez memecahkan rekor dunia, dengan jumlah poin dan podium terbanyak sepanjang MotoGP 2019. Torehan itu menjadi sejarah dominasi pebalap berjuluk Baby Alien tersebut.

Pebalap 26 tahun menutup musim 2019 dengan menyabet podium satu di MotoGP Valencia, Minggu (18/11/2019). Marc sukses menutup jalan Fabio Quartararo dalam balapan Sirkuit Ricardo Tormo.

Hasil ini menjadi kemenangan ke-12 Marquez sepanjang MotoGP 2019. Dari 19 race yang dilakoni, ia selalu finish di urutan pertama dan kedua, serta gagal satu kali dalam menyelesaikan balapan di MotoGP Amerika, akibat crash yang menimpahnya.

Marquez sudah mengumpulkan 420 poin dari 12 kali podium pertama dan 6 kali finish podium kedua. Sekaligus pencapaian tersebut mematahkan rekor yang sebelumnya dimiliki Jorge Lorenzo, yakni 383 poin selama musim MotoGP 2010, sekaligus menambah daftar pebalap pertama sepanjang sejarah yang meraih lebih dari 400 poin.

Marquez sejatinya sudah mematahkan rekor Lorenzo saat finish kedua pada seri MotoGP di Malaysia, dengan mengoleksi 395 poin. Rider berjuluk Baby Alien itu menambahkan menjadi 420 poin setelah kemenangannya di Valencia kemarin.

Pebalap 26 tahun juga memecahkan rekor sebagai pebalap paling produktif naik podium dalam satu musim. Dengan sukses meraih podium sepanjang 18 kali dari 19 race yang dilakoni di MotoGP 2019.

Marquez mengaku bila di MotoGP 2019 menjadi musim terbaiknya, bahkan dirinya tidak mengetahui kapan lagi bisa meraih torehan yang sama di balapan mendatang.

“Ini sebuah musim terbaik dalam karier saya, bahkan kedepannya saya tidak tahu, apakah ini menjadi musim terbaik sepanjang karier saya. Tetapi jelas jumlah dan statistik yang berbicara,” kata Marquez.

“Kami menunjukkan potensi, tahun ini dan itu adalah musim yang sempurna, karena cukup sulit untuk dikembangkan,” ujarnya.