Satu Juta Orang di Twitter Ramai Gaungkan Pembukaan Asian Games 2018

80

Opening ceremony Asian Games 2018 yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (18/8), ternyata membuat sebagian besar netizen berdecak kagum. Mulai dari atraksi Presiden Jokowi yang menggunakan motornya, pertunjukan tari tradisional oleh ribuan penari, hingga atraksi kembang api.

Berdasarkan pantauan Twitter, pada saat itu tagar #OpeningCeremonyAsianGames2018 menjadi trending topic. Tak hanya netizen dari Indonesia saja yang menggaungkan hastag tersebut. Tetapi juga, dari luar Indonesia atau bahkan beda benua.

Terlihat dari peta persebaran yang dimiliki Twitter, ramai netizen membicarakan Asian Games 2018 pada pukul 18.00 hingga tengah malam. Maka, tak mengherankan bila kicauan mengenai Asian Games 2018 menembus 1 juta.

Tak hanya Twitter saja, Google pun ikut merayakan. Google memperlihatkan sederet animasi bertemakan Asian Games 2018 dengan warna-warna terang melalui Google Doodle.

Mulai dari tulisan Google bergaya energik, hingga animasi lain yang memperlihatkan cabang olahraga Asian Games 2018, seperti sepak bola, angkat besi, panahan, lari, anggar, dan masih banyak lagi.

Untuk informasi, Asian Games 2018 adalah perhelatan turnamen olahraga bergengsi terbesar se-Asia. Acara tersebut diadakan Dewan Olimpiade Asia setiap empat tahun sekali. Tak heran Google mengambil acara akbar ini sebagai tema Google Doodle.