Sains Dibalik Film Legendaris ‘Back to the Future’

191

Perjalanan waktu telah menjadi bagian dari dunia film dan sastra sejak lama.

Ada banyak film dan buku tentang subjek ini, tetapi salah satu karya paling terkenal dalam genre ini adalah film Back to the Future yang disutradarai oleh Robert Zemeckis.

Film ini dirilis pada tahun 1985 dan memiliki dua sekuel, yang terakhir dirilis pada tahun 1990.

Banyak orang mengatakan bahwa film ini jauh lebih maju dari masanya karena prediksi yang dibuat tentang masa depan, termasuk mobil terbang, jaket yang bisa kering secara otomatis, dan skateboard melayang (hoverboard), yang diprediksi akan ada pada tahun 2015.

Sekarang, kita semua tahu bahwa kita belum memiliki hal-hal itu, tetapi pujian masih perlu kita layangkan untuk pembuat film tersebut karena visi ambisius mereka.

Delorean, mesin waktu ciptaan Doc Brown

Perjalanan waktu

Telah banyak perdebatan selama bertahun-tahun tentang keakuratan film ini dan apakah konsep yang digunakan dalam film ini benar?

Nah, untuk menjawabnya, menurut ahli fisika teoretis Michio Kaku:

Perjalanan waktu secara teori memang memungkinkan.

Siapa pun yang sudah membaca tentang Teori Relativitas, yang dikembangkan oleh Albert Einstein, tahu bahwa setiap kali objek bergerak mendekati kecepatan cahaya, waktu berlalu lebih lambat untuk objek tersebut tapi waktu tidak berubah bagi pengamat, sehingga membuktikan fakta bahwa bepergian ke masa depan adalah suatu memungkinkan.

Marty

Namun, perjalanan ke masa lalu masih diperdebatkan oleh matematikawan dan fisikawan (sejauh ini tidak memungkinkan), tetapi hal tersebut banyak terjadi di film ini.

Itu berarti perjalanan waktu yang dilakukan oleh Marty dan Doc ke masa depan dapat dijelaskan, tetapi bagian di mana mereka melakukan perjalanan kembali ke masa lalu secara teori masih tidak mungkin.

Timeline (garis waktu)

Satu aspek penting lagi dari perjalanan waktu adalah ‘timeline‘, yang merupakan:

Representasi dari semua momen.

Misalkan ada garis waktu ‘A’ di mana kita ada. Jika kita entah bagaimana memperoleh teknologi untuk melakukan perjalanan ke masa lalu dan memutuskan untuk pergi ke masa lalu, kita mungkin dapat membatalkan atau mengganggu event tertentu !!

Doc Brown

Misalnya, contoh populer adalah menghentikan Adolf Hitler sebelum ia dapat mengambil alih Jerman dengan memberi tahu negara-negara yang pada akhirnya akan dikenal sebagai ‘Sekutu’ melawan kekuatan pimpinan Jerman ‘Axis’.

Jika ini terjadi, garis waktu dari mana kita pergi ke masa lalu — garis waktu ‘A’ akan berhenti dan garis waktu baru akan terbentuk, timeline ‘B’.

Dalam timeline ini, Hitler tidak pernah mengambil alih Jerman dan Perang Dunia II tidak pernah terjadi.

Ketika kita kembali ke tahun dari mana kita datang, semuanya akan berbeda; pada kenyataannya, mungkin saja kita tidak lagi ada dalam timeline baru, jadi kita akan menghilang begitu saja sejarah.

Ini tepatnya terjadi di bagian pertama film, ketika Marty bepergian ke masa lalu dan ibu Marty Lorraine jatuh cinta padanya (putranya di masa depan) bukannya ayahnya, George.

Marty dan Hoverboard

Jadi, dalam hal ini, dia tidak akan pernah menikahi George, jadi garis waktu dari mana Marty datang tidak akan ada dan akan digantikan oleh garis waktu lain di mana tidak ada Marty!

Inilah sebabnya mengapa Marty mulai menghilang dalam film karena perubahan peristiwa di masa lalu ‘timeline asli’.

Teori lain dalam film ini adalah bahwa jika kita pergi ke masa depan dan bertemu dengan diri kita di masa depan, itu akan menyebabkan ruang-waktu berhenti dan dengan demikian membawa kiamat untuk alam semesta, menurut Doc.

Namun, pada kenyataannya, jika kita pergi ke masa depan tidak ada hal buruk yang akan terjadi; melainkan, masa depan kita akan siap untuk kita karena dia telah bertemu dirinya sendiri dalam timelinenya.

Oleh karena itu, ini akan menjadi pertemuan keduanya dengan dirinya sendiri, jadi dia akan siap untuk menjawab semua pertanyaan yang akan ditanyakan oleh dirinya di masa lalu.

Namun dalam film itu, ketika Jennifer (pacar Marty dari masa sekarang) bertemu dengan dirinya di masa depan (istri Marty), dirinya di masa depan seharusnya sudah siap untuk bertemu dengan dirinya di masa lalu, karena dia telah bertemu dengan dirinya di masa depannya di masa lalu.

Bikin bingung ya :)) ? Tapi yang sedang kita bahas adalah perjalanan waktu. Memang rumit!

Marty dan Jaketnya yang dapat kering otomatis

Kesimpulan

Pembuat film berusaha keras untuk menerapkan konsep perjalanan waktu dan menggunakannya dalam film, tetapi mereka tidak dapat memberikan penjelasan ilmiah yang tepat untuk beberapa hal dalam film.

Namun, apa yang film ini capai pada tahun 1985 memang pantas untuk diacungi jempol.

Meskipun ada beberapa hal yang tidak sesuai dengan sains, Back to the future adalah salah satu film perjalanan waktu terbaik dalam sejarah.