RSJ Cisarua Dipenuhi Pasien Kecanduan Game Tiap Bulan

27

Memang bukan hal baru terobsesi terhadap sesuatu baru terutama di era digital saat ini. Di propinsi Bandung tepatnya RSJ Cisaura, pihak rumah sakit mengungkapkan banyaknya pasien kecanduan mulai dari adiksi bermain game hingga menjajah internet dan youtube tiap bulannya.

Mengutip Detik Health, salah satu dokter sub spesialis dr Lina Budiyati , mengatakan bahwa setiap bulannya pihak rumah sakit merawat 11 hingga 12 anak dengan rentang usia 7 hingga 5 tahun.

“Tidak hanya spesifik kecanduan game, ada juga karena YouTube. Ada remaja yang menonton YouTube seharian hingga muncul gejala psikologis,” kata Lina.

Hal itu terjadi karena fungsi dophamin dalam otak mulai berubah, sehingga kebiasaan yang dilalui anak dulu berbeda dengan sekarang.

“Seperti yang kita tahu, rasa senang itu ditimbulkan sama neuro transmiter.Dulu kalau mau senang itu lewat olahraga, rekreasi atau interaksi dengan sesama. Kalau sekarang, untuk mendapat dophamine itu di rumah juga anak-anak bisa bermain gadget, kalau berlebihan dophamine keluar terus nanti berubah fungsi, nanti bisa berdampak masalah psikiatri,” kata Lina.

Pihak medis berusaha melakukan pendekatan holistik dari sisi biologis dan psikologis, namun menurutnya bahwa peran orang tua lebih penting.

Hal serupa juga diamini oleh direktur RSJ Provinsi Jawa Barat, dr Elly Marliyani, dimana salah satu faktor yang memengaruhi kecanduan gadget adalah perubahan gaya hidup. Terutama di kalangan anak dan remaja. “Di sinilah pentingnya pengawasan dan pendampingan orang tua. Ini jadi perhatian kita semua,” tuturnya