Polisi Hongkong Mulai Menggunakan Senjata Api untuk Menghadapi Pengunjuk Rasa

128
Gambar : bbc

Seorang polisi Hong Kong melepaskan tembakan selama protes pada hari Minggu, tembakan ini pertama kali dilakukan sejak demonstrasi pecah pada bulan Juni.

Polisi juga mengarahkan senjata ke pengunjuk rasa yang mengejar mereka dengan senjata tumpul.

Pada awalnya, polisi menggunakan air untuk menghadapi demonstran pada hari sebelumnya.

Protes dimulai di distrik kota Tsuen Wan dan telah menyebar ke distrik Tsim Sha Tsui.

Demonstrasi dipicu oleh RUU ekstradisi tetapi sejak itu berubah menjadi protes anti-pemerintah yang lebih luas dan perkembangan pada hari Minggu menjadikan kerusuhan menjadi lebih serius.

Polisi mengatakan kepada media setempat bahwa tembakan itu ditembakkan sebagai peringatan kepada pengunjuk rasa, dan bahwa beberapa petugas telah dibawa ke rumah sakit sebagai akibat dari bentrokan tersebut.

Tapi Inspektur Polisi Leung Kwok-wing tidak mengatakan di mana tembakan itu diarahkan.

Sebelum pertikaian, kelompok pengunjuk rasa berpakaian hitam telah melemparkan proyektil ke polisi, termasuk batu bata dan bom bensin.

Polisi juga menembakkan peluru karet dan gas air mata dan menggunakan dua kendaraan meriam air untuk membersihkan barikade dan membubarkan massa.

Gambar-gambar di media sosial menunjukkan kendaraan-kendaraan itu dikemudikan melalui jalan-jalan Tsuen Wan, tempat sekelompok demonstran memasang penghalang jalan dan menggali batu bata dari trotoar.

Makin serem ya kondisi di Hongkong! Beri komentar kalian ya.