Perempuan Indonesia Tewas dalam Pertempuran ISIS di Kamp AI-Hol

105

Sodermini (Sudarmini) perempuan asal Indonesia yang ditemukan tewas di tenda pengungsinya ditemukan tewas oleh petugas kamp pengungsi AI-Hol. Sodermini ditemukan dengan bekas memar dan disiksa dan sedang mengandung di usia enam bulan.

“Dia meninggal akibat tindakan kekerasan, tulis kantor berita yang berkantor di wilayah Kurdi, AI Hasaka, Suriah Utara”.

Yudha Nugraha, Direktur Pelrindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri mengatakan “masih melakukan verifikasi kewarganegaraan apakah benar yang bersangkutan warga negara Indonesia”.

AI-Hol terletak di Suriah barat laut dan berada di bawah administrasi Kurdi sering terjadi pertempuran ISIS yang menampung ribuan keluarga pejuang asing ISIS.

Identititas Sodermini yang bisa didapat adalah ayahnya bernama Sardi dan ibunya bernama Nasia berumur sekitar 30-1 tahun dan memiliki tiga orang anak.

Sebelumnya, warga negara Indonesia berada di Baghuz namun direbut oleh Pasukan Demokratis Suriah , SDF pimpinan suku kurdi pada awal tahun ini.

Kamp yang dibangun untuk skitar 20.000 orang namun sekarang menampung 70.000 orang. Sebanyak 9.000 kleuarga pendukung ISIS berasal dari luar negeri ditampung di kamp AI-Hol.