Para Astronom Akhirnya Dapat Melihat Permukaan Bintang Supernova Biru

94

Untuk pertama kalinya, para ilmuwan dapat melihat permukaan supernova biru, supernova biru merupakan yang paling sulit dipahami di alam semesta.

Beberapa bintang, seperti matahari di bumi bisa dikatajan stabil. Namun bintang-bintang lainnya bisa jauh lebih tidak menentu. Supernova biru dapat membuat percikan besar di wilayah ruang mereka karena ukurannya yang sangat luar biasa besarnya. Supernova biru memiliki massa sekitar 20 kali lipat dari matahari bumi, dan total energu yang dipancarkan luminositasnya 117.000 kali lebih besar.

Temperatur permukaan supernova biru berkisar antara 20.000 – 50.000 derajat Celcius. Beberapa ilmuwan telah bintang supernova biru sebagai bintang “rock-and-roll”, karena kecenderungan mereka untuk hidup cepat dan mati muda. Sebagai imbalan atas ukuran energi mereka yang yang sangat luar biasa. Supernova biru memiliki rentang hidup yang pendek, mereka hanya hidup sekitar 10 juta tahun, yang kedengarannya seperti waktu yang lama, namun sampai kamu sadari bahwa matahari bisa hidup sampai 10 milyar tahun.

Supernova biru menghasilkan sejumlah besar energi dalam diri mereka. Bintang ini muncul ke permukaan sebagai luminositas dan angin bintang, yang dapat meledakkan permukaan dengan kecepatan 1.700 kilometer per detik, atau sekitar 3.802.792 mil per jam.