Kecoa, Jangkrik Adalah Cemilan Sehat?

127

Apakah kalian pernah mendengar kalau serangga bisa dibuat cemilian, atau bisa jadi anda sudah pernah memakannya. Cemilian yang dibuat berbahan serangga seperti jangkring, semut, bahkan kecoa.

Dikutip voaindonesia, Di pedesaan Kosta Rika, pakar biologi Frederico Paniagua berkumpul bersama keluarga sekaligus menyantap cemilan beberapa jenis serangga. Bersama keluarganya, mereka mengembangbiakkan serangga-serangga tersebut.

Kepala Museum Serangga Universitas, memutuskan untuk beralih sumber protein hewani menjadi jangkrik, semut, kecoa dan serangga lain. Bahkan ia mendorong untuk masyarakat melakukan hal yang dilakukan.

“Serangga itu enak dan mengandung protein,” katanya.

“Kamu bisa bersantai atau melakukan aktivitas lainnya dengan santapan sepiring penuh serangga. Makan satu persatu ditambah segelas soda, cocok sekali,” ungkapnya.

Tercatat ada 1.900 spesies serangga yang bisa dikonsumsi seperti yang diketahui Organisasi Pangan (PBB).

Di Asia dan Afrika, serangga itu disebut makanan lezat akan kandungan vitamin, mineral dan energi.

Sebagian masyarakat mencatat bahwa seranga mengeluarkan sedikit gas rumah kaca dan amonia, dibandingkan ternak lain seperti babi. Apalagi serangga tidak butuh lahan luas.

Gabriela Soto istri dari Paniague, menyajikan dengan menuangkan minyak goreng di wadah, lalu masukkan serangga. Kemudian masak, setelah itu ia memberika sepiring berisi serangga untuk putrinya.

“Tambahkan perasan lemon agar menambah rasa,” tambah Paniague.

“Nanti rasanya seperti keripik kentang, bahkan kamu bisa menghabiskan sepiring penuh,” ujarnya.