Obat Jerawat Tretinoin Dan Isotretinoin

634

Sebagian orang tidak mengetahui perbedaan obat jerawat Tretinoin dan Isotretinoin. Mungkin nama generik terdengar mirip namun dua obat ini berbeda.

Memang keduanya adalah obat jerawat yang disebut retinoid, obat berasal dari vitamin A. Cara mengenali perbedaan obat tretinoin dan isotretioin yang banyak digunakan untuk mengobati jerawat.

Dalam penjelasan mengapa kedua obat berbeda, penting diketahui masing-masing obat jerawat memilik nama hamper mirip, tetapi jelas beda kedua obat jerawat ini.

Tretinoin adalah menggunakan bahan aktif, diresepkan untuk mengobati jerawat ringan hingga sedang seperti komedo. Beberapa merek mudah dikenal untuk obat yang mengandung tretinoin termasuk Retin-A dan Retin-A mikro.

Obat ini digunakan secara topical, obat yang digunakan pemakaian luar saja dan tidak untuk dikonsumsi seperti krim dan salep yang langsung diaplikasikan ke kulit, biasanya sekali atau dua kali dalam sehari.

Tretinoin  membantu membersihkan jerawat, bahkan mempercepat laju sel-sel kulit mati hingga mengecilkan pori-pori.

Tretinoin juga mencegah jerawat muncul, namun efek samping dari obat ini bisa membuat kulit kering, mengelupas, dan kemerahan. Pada wanita sedang mengandung tidak dianjurkan menggunakannya karena belum dipelajari estensif.

Insotretinoin adalah obat oral, digunakan dengan secara diminum. Berbentuk pil tablet atau sejenisnya penggunaan dengan ditelan melalui mulut. Obat ini untuk jerawat parah, tidak diperbolehkan untuk kategori jerawat ringan.

Obat ini memiliki banyak efek samping, menyebabkan kulit, serta mata dan bibir menjadi kering. Bahkan lebih parahnya menyebabkan cacat, seperti kelainan pada wajah, mata, telinga, tengkorak, bahkan sistem saraf.

Lain hal dengan penggunaan saat mengandung bisa menyebabkan keguguran dan kelahirannya prematur. Maka dari itu tidak dianjurkan untuk wanita yang sedang hamil, karena Isotretinoin adalah obat yang digunakan dalam jangka pendek.