Nintendo Akan Pindahkan Beberapa Produksi Konsol Switch Dari Cina Ke Vietnam

124

Nintendo memindahkan beberapa produksi konsol video game Switch-nya ke luar Cina.

Kyoto, perusahaan game yang berkantor pusat di Jepang yang sampai sekarang telah menghasilkan semua konsol Nintendo Switch di Cina mengatakan bahwa langkah itu bukan karena kekhawatiran akan potensi tarif AS untuk produk buatan Cina.

“Selama beberapa tahun terakhir, kami telah menjajahi opsi untuk merakhit produk di Vietnam untuk mendiversifikasi opsi manufaktur kamu,” kata perusaahan itu dalam sebuah pernyataan kepada USA TODAY. “Sementara kamu akan terus memproduksi konsol Nintendo Switch di Cina, kami juga akan lambat laun mulai memproduksi sebagian dari konsol kamu di Vietnam mulai musim panas tahun ini.”

Perubahan telah dilakukan untuk mengurangi resiko yang timbul dari produksi di satu negara, itu adalah respons langsung terhadap gesekan perdagangan yang antara AS dan Cina.

Tetap saja, surat kabar Jepang Nikkei Asian Review melaporkan bahwa tindakan Nintendo didorong oleh kekhawatiran bahwa tarif AS untuk barang-barang buatan Cina dapat meningkatkan harga konsol game, dan selanjutnya bisa mempengaruhi penjualan.

Dua minggu yang lalu, Nintendo bersama Microsoft dan juga Sony menulis surat kepada administrasi Donald Trump meminta agar konsol video game dihapus dari daftar produk yang akan terkena tarif. Hampir semua konsol yang diimpor (96%) di produksi di Cina. Sejak itu, Donald Trump mengatakan dia akan menahan tarif tambahan sementara.

Nintendo sudah menjual sekitar 17 juta konsol Nintendo Switch pada tahun fiskal yang berakhir pada 31 maret 2019. Hal itu meningkatkan total sistem penjualan yang diluncurkan pada bulan maret 2017, menjadi 34,75 juta dollar.