Mercedes AMG Project One Sudah Masuk Tahap Uji Coba

143

Berdasar sumber internal, mesin canggih Mercedes-AMG Project-One tengah melakukan pengetesan paling berat secara virtual, di atas dyno test di fasilitas Mercedes-AMG High Performance Powertrain di Brixworth, Inggris. Tempat itu tak lain pusat pengembangan mesin Formula One selama bertahun-tahun.

Terdengar begitu menjanjikan dan sesuai apa yang dipresentasikan saat di Frankfurt. Dari gambar beredar, tampak tidak ada yang berbeda dari versi konsep tahun lalu. Ada sedikit perubahan, tapi hanya minim dan nyaris luput dari perhatian. Wujudnya mengekspresikan mobil balap murni dengan kemewahan khas Mercedes-Benz. Rasa berkendaranya, seolah menjanjikan sensasi kokpit ala jet darat. Harga mobil ini dikabarkan tembus Rp 30 miliar.

Mercedes belum menyinggung spesifikasi teknis. Bila mengacu spesifikasi Formula 1, Project One ditenagai mesin serupa, V6 1,6-liter turbocharged dan empat motor listrik. Karena berupa plug-in hybrid, maka bisa dicolokkan ke sumber listrik. Baterai lithium ion diambil dari tim F1 Mercedes-AMG Petronas tunggangan Lewis Hamilton, yang bisa dicharge ulang. Ada soket di bodi untuk mengisi daya.

Yang pasti daya dihasilkan mesin kecil ini super masif. Diklaim mencapai 1000 PS (986 hp) yang tersalur ke empat roda. Mobil ini bisa melaju dengan tenaga listrik murni, tanpa perlu menyalakan mesin bensin, tapi cuma sanggup berjalan sejauh 25 km. Perannya memang kecil sebagai penambah daya jelajah, karena bukan itu fungsi utamanya. Mobil ini sanggup ngebut sampai 200 km/jam dari keadaan diam tidak sampai 6 detik. Sementara kecepatan puncaknya lebih dari 350 km/jam.

Sumber: oto.com