Menjelajah Dunia dengan Teknologi Virtual Reality

108

Devyn Lyons membuat perangkat unutk menjelajahi dunia baru melalui realitas virtual. Devyn Lyons memegang controller seolah-olah dia memegang tongkat, memutarnya di udara dan membayangkan percikan terbang dari sana, seolah-olah dia adalah karakter dalam film Harry Potter.

Perangkat yang dipegangnya tidak memancarkan cahaya dan warna seperti itu di dunia ruang seninya di North Street School. Tetapi di hutan virtual yang diciptakan oleh guru seninya, Cheryl Iozzo, gumpalan warna berbentuk api, kelopak dan sinar matahari yang membentang dari tangannya.

Baru-baru ini, Lyons berjalan di sekitar bunga tiga dimensi yang Ia lukis. Teman-temannya menyaksikan kemajuannya secara real time diproyeksikan ke Smartboard. Sofia Balestra mengatakan dia merasa gugup ketika Iozzo pertama kali memasang headset di telinganya dan dia melangkah keluar ke lanskap tandus yang mengundangnya untuk membuat.

“Ini seperti dunia yang berbeda,” kata Balestra. “Waktu berjalan sangat cepat karena itu menyenangkan. Ini tidak seperti apa yang pernah saya lakukan sebelumnya.”

Tidak seperti gambar normal, katanya, ketika dia memberi tekanan pada ujung pensil atau spidolnya, dia merasa ringan.

“Kau melukis di udara, dan kontrolnya sulit,” kata Lyons. “Terkadang, tanganku bergetar.”

Iozzo mengatakan dia merasa dihidupkan kembali oleh teknologi baru, dan menjadi bersemangat ketika salah satu muridnya memiliki momen “ah-ha” di mana mereka mencari cara untuk menciptakan apa yang mereka bayangkan.

Iozzo telah bermitra dengan Creative Connections selama bertahun-tahun, dan telah mengunjungi Guatemala, hutan hujannya dan sekolah yang bermitra dengan Creative Connections. Tahun ini, ia memiliki anak-anak menggunakan headset VR untuk membantu mereka memvisualisasikan tempat-tempat yang digambarkan dan didiskusikan oleh para siswa Guatemala.

Dengan adanya teknologi ini, kehidupan para siswa di North Street sangat berbeda. Grady Campo merasa berada di dunia Tilt Brush. Ia dapat “berteleportasi” jauh dari lingkungan terdekatnya ketika ia telah mengisi ruang dengan struktur dan sikat tiga dimensi.