Masa Iya, Pembalut dulunya dibuat untuk Pria ?

77

Kaum wanita pasti sangat kenal sekali dengan benda satu ini. Ya, Pembalut atau tampoon. Digunakan untuk menyerap cairan darah kotor dari siklus menstruasi bulanan wanita.

Tapi taukah sobat berseru bahwa pembalut dengan bentuk sekarang ini awalnya diciptakan untuk pria ? Hmm masa iya sih ? Tapi benar lo sobat, pembalut dengan bentuknya sekarang ini awalnya dibuat untuk pria. Ada yang bisa tebak kenapa ?

Dulunya pembalut ini dibuat untuk pria, kata kuncinya adalah “perang”. Ya, benar di masa perang, banyak prajurit terluka dan rata-rata adalah pria. Dan pembalut sekarang ini, yang dulu awalnya diproduksi oleh Kotex, sangat berjasa membantu menghentikan pendarahan para pria yang terluka akibat Perang.

Pembalut yang tercatat digunakan oleh perawat Perancis masa Perang di abad ke19 ini terbuat dari bahan bukan kapas, tapi dari bubur kayu, karena kapas dulu itu sangat terbatas sekali. Lalu kemudian dibuat dari bahan Sphagnum Moss, bahan yang sangat baik menyerap dan juga anti bakteri.

Setelah masa perang, tidak ada lagi banyak pejuang yang terluka, Kotex sudah keburu memproduksi banyak sekali pembalut dan sedikit bingung untuk menjualnya dan menyalurkannya. Sebuah inspirasi timbul dari para perawat yang menggunakan stok pembalut yang ditimbun. Pembalut ini mereka gunakan untuk menyerap darah menstruasi mereka dan akhirnya dari sini Kotex terinspirasi membuat pembalut yang modern yang dirancang untuk para wanita.

Nah.. itulah sejarahnya sobat berseru. Semoga memberi kamu wawasan ya.