Bagi pecinta sepakbola nama Sven-Göran Eriksson tentu sudah tidak asing lagi. Eriksson pernah menjadi pelatih timnas Inggris dari tahun 2001-2006

Eriksson yang berjuluk “Svennis” di Swedia juga pernah melatih klub Italia seperti AS Roma, S.S. Lazio, ACF Fiorentina dan Sampdoria, di beberapa klub tersebut ia pernah merebut beberapa prestasi dan gelar juara.

Bakal calon Ketua Umum PSSI, Fary Djemy Francis mengatakan bahwa Sven-Goran Eriksson berpeluang menduduki posisi strategis di PSSI. Mantan pelatih timnas Inggris itu rencananya akan dipercaya mengisi peran Direktur Teknik di PSSI.

Fary Djemy Francis mengatakan bahwa ia tidak asal menunjuk Sven-Goran Eriksson untuk mengisi jabatan tersebut. Ia memiliki alasan kuat mengapa Eriksson dirasa pantas mengisi jabatan strategis tersebut.

Sven Goran Eriksson
Sven Goran Eriksson

“Kita butuh supervisor yang sudah berpengalaman dan tahu betul bagaimana sepak bola modern”, ujar Fary.

“Sven-Goran Eriksson juga sudah tidak asing dengan sepak bola Indonesia, karena pernah ikut andil dalam program Timnas Primavera pada 1990-an”, ungkapnya.

Nantinya, jika terpilih sebagai Ketua Umum PSSI, Fary memproyeksikan Eriksson memegang tanggung jawab terhadap kepelatihan sampai pembinaan timnas Indonesia pada semua tingkatan usia, mulai usia dini, usia muda, hingga senior.