Main Game Dibayar Rp 720 Juta per Jam, Mau?

120

Menurut laporan terbaru dari The Wall Street Journal, Gamer profesional paling populer di platform seperti Twitch dan YouTube dapat menghasilkan hingga 50.000 dolar per jam atau yang setara dengan 720juta rupiah untuk memainkan video game yang baru dirilis untuk pemirsa live mereka.

Streamer video game yang sukses melibatkan jutaan pengikut adalah gamer yang sering menghabiskan hingga 12 jam sehari untuk memainkan satu game. Puluhan ribu pemirsa menonton siaran langsung mereka pada waktu tertentu, dan penerbit video game semakin bersemangat untuk memanfaatkan pemirsanya.

Karena mereka terus-menerus terlibat dengan audiens mereka, kesan awal live streaming dari sebuah game sering diterima sebagai candid, bahkan ketika mereka dibayar untuk bermain. CEO Night Media Inc Reed Duchscher mengatakan kepada The Wall Street Journal, bahwa streamer yang secara konsisten memiliki 15.000 atau lebih pemirsa secara bersamaan dapat mendapatkan antara 25.000 dollar hingga 35.000 dollar per jam untuk memainkan game yang baru dirilis. Streamer teratas dapat menghasilkan lebih banyak lagi berdasarkan ukuran audiens mereka.

Dengan lebih dari 14 juta pengikut, Tyler “Ninja” Blevins adalah streamer terpopuler di Twitch. Ia terkenal karena bermain game Fortnite nya, Blevins dilaporkan menerima 1 juta dolar untuk streaming langsung game Apex Legends, yakni sebuah game battle royale yang baru dirilis dari salah satu penerbit terbesar industri video game, yaitu Electronic Arts.

Blevins juga tidak sendirian, Electronic Arts membayar sekitar selusin streamer populer untuk memainkan game Apex Legends pada saat dirilis dan memberi beberapa dari mereka kesempatan untuk memainkan permainan di lingkungan tertutup sebelum diluncurkan. Kelompok ini berbagi kesan awal permainan menggunakan tagar #ApexPartner di media sosial untuk membantu mengatur promosi dan menunjukkan bahwa streaming mereka disponsori konten.

Meskipun diluncurkan tanpa pemasaran lanjutan, program #ApexPartner membantu game Apex Legends mendatangkan lebih dari satu juta pemain dalam 24 jam pertama. Meskipun program #ApexPartner hanya berlangsung untuk hari pertama permainan online, program ini telah menyambut lebih dari 50 juta pemain dan sekarang menjadi game battle royale terpopuler kedua setelah Fortnite.

Oktober lalu, Blevins secara singkat beralih dari bermain Fortnite ke Call of Duty: Black Ops 4 selama beberapa hari sebelum dan setelah rilis game, dan muncul di acara promosi yang diselenggarakan oleh penerbit Activision. The Wall Street Journal melaporkan bahwa Take-Two Interactive berencana untuk bermitra dengan streamer untuk peluncuran game Borderlands 3 pada bulan September, dan penerbit Prancis Ubisoft akan menggunakan strategi yang sama untuk game Ghost Recon Breakpoint yang akan datang.

Twitch juga bekerja untuk meningkatkan keberhasilan saluran individu dengan menyediakan program “bounty” yang memungkinkan streamer memilih game atau acara tertentu untuk disiarkan sebagai imbalan hadiah uang tunai. Reckful, streamer Twitch dengan sekitar 805.000 pengikut, secara singkat menunjukkan portal bounty selama streaming berlangsung bulan lalu. Satu bounty seperti itu hanya mengharuskan streamer untuk menonton dan menyiarkan ulang 30 menit aliran Street Fighter Pro League dengan imbalan 4.000 dollar, tanpa gameplay yang diperlukan.

Meskipun pemirsa Twitch menghabiskan milyaran jam menonton siaran langsung, sebagian besar waktu itu dihabiskan hanya dengan segelintir permainan populer. Tidak ada cara untuk menjamin bahwa rilis blockbuter baru akan mencapai puncak Twitch atau YouTube tanpa dukungan dari influencer utama pada platform tersebut. Dengan lebih banyak orang sekarang bergantung pada video dan streaming langsung untuk mengikuti konten video game terbaru, masuk akal bagi penerbit video game untuk membayar game mereka untuk berada di platform terbesar.