Telat Lulus Kuliah Sampai IPK Dua Koma, Justru Sekarang Jadi Dosen Di Inggris

191

Terbayang sesosok “ilmuwan” yang jenius, dengan nilai diatas rata-rata dan mempunyai nilai IPK 4 (sempurna). Banyak orang berfikir bahwa karier akademik, entah dosen atau peneliti, hanya untuk cum laude saat wisuda. Bahkan orang mengira untuk IPK pas-pasan mendingan menyingkir!

Cerita lain datang untuk sesosok Bagus Putra Muljadi anak bangsa yang membuat harum Indonesia. Justru dia membuktikan dengan IPK yang diatas rata-rata dia mampu menepis omongan orang. Sejatinya walapun IPK diatas rata-rata, tidak menghentikan perjuangan dia untuk menjadi profesor, bahkan dia menjadi peneliti di kampus yang berperingkat 100 besar dunia, Nottingham University, United Kingdom.

“Bagus Putra Muljadi menjadi asisten profesor jurusan Chemical and Environmental Engineering di University of Nottingham”

mengajar di Nottingham University via m.medcom.id

Institut Teknik Bandung (ITB) inilah tempat dimana Bagus Putra Muljadi menuntut ilmu jurusan Teknik Mesin pada tahun 2001. Melanjutkan kuliah S2 sampai S3 di National Taiwan University (NTU) jurusan Mekanika Terapan.

Sesudah mendapat gelar doktor di tahun 2012, kemudian Bagus Putra Muljadi berlabuh ke negara Prancis melanjutkan studi post doctoral bidang matematika di Institut de Mathmatiques de Toulouse. Sehabisnya dari Prancis, Bagus Putra Muljadi menjadi asisten peniliti di Imperial College London. Bahkan yang lebih mengejutkan Bagus Putra Muljadi salah satu asisten profesor dan dosen termuda di departemen Kimia dan Teknik Lingkungan Nottingham University.

Bagus Putra Muljadi mengungkapkan, ilmuwan dalam negeri sebenarnya tidak kalah dengan ilmuwan luar negeri. Yang terpenting “Yakin” dan “Percaya Diri”.

Ilmuwan Indonesia tak kalah berkualitas via twitter.com

Bagus Putra Muljadi yang malang melintang didunia akademis luar negeri, menurutnya ilmuwan kita juga tidak kalah kualitasnya. Sebenarnya banyak kemampuan dibawah kita, termasuk dari segi kemampuan bahasa inggris. Tetapi semua bisa dilakukan asalkan yakin dan percaya diri kok.

Support dan menyemangati para mahasiswa yang dilakukan Bagus Putra Muljadi ketika di wawancarai Metro TV. Bahkan Bagus Putra Muljadi berkata untuk mahasiswa yang ingin lanjut ke luar negeri tapi nilai dibawah rata-rata, percaya diri! Belajar menulis dan berkomunikasi itu sangat penting. Seperti yang diketahui di dunia adalah tentang interaksi antar orang per orang, sehingga hal-hal non-teknis sangat penting.

Di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin, bahkan banyak sebagian orang putus asa ditengah jalan. Ada 2 hal yang kamu harus wajib ambil pelajarannya… Pertama, Tanda nilai itu bukan akhir dari segalanya. Seperti pepatah Mimpi itu bisa digapai, asalkan kita mau pasti bisa! Kedua, keberanian keluar dari zona nyaman. Banyak orang terlena dengan zona nyaman, berfikir sudah menikmati suasana nyaman dan tidak mau mencoba suasana baru.