Lagu “Hari Baru” Ikatan Alumni ITB, Launching di JCC Jakarta

114

Agustus adalah bulan yang spesial bagi Indonesia, di bulan inilah kemerdekaan dapat diraih dari tangan para penjajah. Untuk memperingatinya GANESWARA menelurkan sebuah lagu dengan judul HARI BARU

Karya ini diluncurkan di sebuah acara tahunan yang digelar oleh Ikatan Alumni ITB yang diadakan tanggal 13 & 14 Agustus 2019 di Jakarta Convention Center.

Video klip HARI BARU diputar pertama kali untuk umum di dalam pembukaan acara tahunan yang kali ini bertajuk Indonesianisme Summit

Ide pembuatan lagu ini muncul ketika Indonesia sedang berpesta demokrasi pemilu. Banyak yang ingin melakukan sesuatu untuk menyambut hari baru bagi Indonesia.

Mereka ingin untuk berbicara dan menyampaikan pesan serta memberi semangat untuk negeri tercinta

“Beberapa bulan yang lalu beberapa orang alumni ITB berbincang tentang keinginan memberi bagi negeri. Spontan timbul ide kecil yang terus meningkat menjadi serius untuk menyumbangkan pemikiran melalui lagu. “

“lde ini segera dilemparkan ke beberapa komunitas di lingkungan Alumni ITB dan tanggapannya luar biasa”, kata Toni Sianipar ketika bercerita mengenai awal gagasan ini lahir.

Gagasan ini mendapat sambutan dari banyak pihak. Mereka ingin bergabung, memberi ide, dukungan fasilitas sampai bantuan dana yang kemudian bergulir menjadi satu gerakan yang dinamakan “Panggilan Negeri”.

Nama “Panggilan Negeri” ini muncul karena motivasi terbesar yang mengiringi terbentuknya gerakan tersebut adalah menyambut panggilan untuk memberi bagi negeri, dalam bentuk apapun.

“Semangat memberi ini dilatarbelakangi pada kesadaran bahwa kita semua sudah menerima begitu banyak dari negeri tercinta, dan kini adalah saat untuk memberi,” ujar Toni dalam jumpa pers di Media Room Jakarta Convention center, Jakarta. Rabu siang 

Proses pembuatan lagu ini berjalan dalam waktu yang singkat kemudian dilanjutkan dengan pembuatan video clip. Semua selesai dalam satu minggu!

Lagu HARI BARU menurut Toni adalah ajakan untuk meninggalkan perbedaan dan sengketa serta menjadi Indonesia yang satu dan teguh.

Arahan musik Erwin Badudu ini diisi oleh penyanyi-penyanyi berbakat yang memiliki suara khas seperti Annisa, Ferina Widodo, rocker Candil, dan disambut barisan koor dari berbagai generasi dan kalangan.

“Kelompok musik GANESWARA saat ini beranggotakan tak kurang dari dua ratusan Alumni ITB pencinta musik, musisi amatir dan profesional yang ingin ikut berperan dalam produksi lagu dan video ini”

“Konseptor, pencipta lagu, pengarah musik, musisi, penyanyi, penampil, pendukung dana, tim produksi musik dan video, semua bertekad untuk menyampaikan pesan lagu ini ke seluruh negeri, suatu pesan optimisme menyambut kejayaan Indonesia,” tutup Toni.