Akhirnya Korea Utara Melepaskan Alek Sigley

123
epa07694893 Australian Alek Sigley smiles as he arrives at Haneda International airport in Tokyo, Japan, 04 July 2019. The 29-year-old student has been released after being detained for a week in North Korea. EPA/FRANCK ROBICHON

Alek Sigley adalah salah satu orang asing yang tinggal di Korea Utara. Berasal dari Perth, selama setahun terakhir ia mengejar gelar sarjana sastra Korea di Universitas Kim Il-sung.

Alek Sigley juga menjalankan bisnis yang menyediakan wisata bagi wisatawan Barat yang mengunjungi negara komunis totaliter.

Beberapa orang asing sebelumnya telah ditahan di Korea Utara, kadang-kadang karena memasuki negara itu secara ilegal atau karena apa yang oleh Pyongyang disebut “tindakan kriminal yang bermusuhan terhadap negara”.

Akhirnya Alek Sigley dibebaskan setelah pertemuan antara pejabat dari kedutaan Swedia di Pyongyang dan pemerintah Korea Utara.

Australia tidak memiliki kedutaannya sendiri di ibukota Korea Utara. Mr Sigley, 29, sedang mengejar gelar master dan menjalankan bisnis pariwisata di Pyongyang.