Korea Selatan Sumbangkan 50.000 Ton Beras ke Korea Utara

98

Di Korea Utara terdapat 10 juta orang yang berisiko kelaparan, beberapa keluarga bertahan hidup dengan cara hanya memakan beras dan kimchi yang dilakukan sepanjang tahun, makan dengan makanan yang kurang protein.

Korea Selatan menyumbangkan 50.000 ton beras dan 3,5 juta poundsterling ke Korea Utara sebagai bantuan karena kekeringan yang parah dan mengakibatkan kekurangan pangan yang mengakibatkan 10,1 juta orang dalam risiko kelaparan.

Korea Utara telah dilanda kekeringan, gelombang panas dan banjir yang menyebabkan musim panen terburuk dalam sepuluh tahun ini dan kekurangan pangan 1,36 juta ton.

Korea selatan mengumumkan pada hari Rabu berencana untuk menyumbangkan makanan dan uang untuk mengatasi situasi pangan kritis di utara.

“Pemerintah berharap bahwa bantuan makanan yang disediakan melalui World Food Programme (WFP) dapat dikirimkan kepada rakyat Korea Utara tanpa tundaan.” Dalam sebuah pernyataan, WFP, menyambut baik sumbangan penting tersebut.

Namun, direktur Asia Pasifik David Kaatrud juga memperkirakan total 300.000 ton makanan sangat dibutuhkan untuk mengatasi kekurangan pangan.

Korea Utara telah dilanda kekeringan dan panen yang buruk yang telah menyebabkan jutaan anak-anak yang kelaparan, perempuan dan laki-laki menghadapi kekurangan pangan selama beberapa bulan mendatang.

Ada kekhawatiran bahwa dengan tidak adanya bantuan eksternal yang substansial, rasio akan berkurang selama bulan-bulan penting yaitu Juni-Oktober, di puncak musim paceklik.