Komputer Tercepat di Dunia Sedang Dibangun di USA

103

Akhirnya pemerintah AS mengumumkan pada bulan maret lalu bahwa komputer exascale pertama AS sedang dibangun diluar Chicago dan akan datang pada tahun 2021. Pemerintah AS mengumumkan hari ini bahwa sedang menugaskan pihak produsen untuk membangun apa yang akan menjadi komputer paling kuat di dunia dan memulai debutnya pada tahun 2021, nantinya superkomputer tersebut untuk menjaga AS di garis depan dalam inovasi ilmiah.

Superkomputer tersebut diberi nama Frontier dan perusahaan yang membangun superkomputer tersebut adalah Cray Inc. Frontier akan menggunakan CPU AMD Epyc serta GPU Radeon Instict dalam sistemnya, yang bikin kagumnya adalah kinerja yang dihasilkan lebih besar dari 1,5 exaflops.

Untuk mendapatkan gambaran tentang komputasi yang diwakili, perbandingan satu exaplops itu sama saja melibatkan kemampuan untuk melakukan triliyun operasi/detik.

Departemen Energi AS dalam pengumumannya hari ini menggembar-gemborkansistem Frontier yang mampus menyelesaikan perhitungan hingga 50 kali lebih cepat dari superkomputer saat ini, dengan tujuan untuk mencapai triliunan kalkulasi perhitungan per detik. Superkomputer juga akan memungkinkan para peniliti untuk memberi terobosan dalan penemuan ilmiah, jaminan energi, daya saing ekonomi, dan keamanan nasional.

Kontrak yang diberikan pemerintah untuk mengembangkan Frontier bernilai lebih dari 600 juta dolar. Pusat Penerapan Aplikasi Oak Ridge telah mulai menerima prposal dari para ilmuwan untuk menyiapkan kode mereka untuk di Frontier, dan Menteri Energi AS Rick Perry berjanji dalam sebuah pernyataan sebagai bagian dari pengumuman hari ini bahwa kinerja pemecahan rekor Frontier akan membantu dan mnjaga AS di garis depan dalam inovasi ilmiah.