Kepiting Termahal di Dunia Seharga Rp 647 Juta !

146

Seekor kepiting jenis Snow Crab dilelang dengan harga Rp 647 juta, seberat 1,2 kg. Otomatis akan menjadi kepiting termahal di dunia yang dilelang.

Bahkan suasana ricuh saat lelang, adu harga dikeluarkan dalam memberikan harga kepiting tersebut.

Melansir dari laman Food & Wine, proses lelang berlangsung sengit di prefektur Tottori. Peserta yang hadir dalam lelang tersebut sempat terlibat perang harga demi membawa pulang seekor kepiting berkaki panjang itu.

Setelah melalui proses yang memakan waktu cukup lama. Tetsudi Hamashita presiden Hamashita Shoten, akhirnya menjadi orang yang terakhir menawarkan harga sebesar Rp 500 juta.

Perkiraan awalnya kepiting tersebut tidak sampai harga fantastis. Namun, Hamashita mengaku senang dan lega karena berhasil membawa pulang kepiting berjuluk The Five Shing Star.

“Harga jauh dari perkiraan, tapi kepiting harus jatuh ke tangan saya. Setelah mendapatkannya saya merasa lega, karena orang-orang menginginkan kepiting di Tottori adalah kepiting terbaik di dunia,” kata Hamashita kepada NHK.

Ia menambahkan bahwa kepiting itu akan diolah di sebuah restoran mewah di kawasan Ginza, Tokyo. Namun, Hamashita tidak menjelaskan secara detail lokasi restoran tersebut.

Berburu Snow Crab atau kepiting salju merupakan tradisi kuno yang dilakukan turun-temurun oleh masyarakat Jepang, menjelang musim dingin. Seperti halnya, kegiatan lelang yang diikuti oleh Hamashita.

Masyarakat Jepang mempercayai jika pemenang lelang, kedepannya akan mendapatkan keburuntungan di sepanjang tahun.

Kepiting berjuluk “Bintang yang Bersinar” mempunyai keunikan tersendiri, karena bentuknya yang tidak biasa, memiliki daging berkualitas tinggi, kaki panjang, dan rasa lezat.

Menurut NHK, lelang tahun ini meningkat dari pada sebelumnya, dengan meningkat dua kali lipat. Puluhan peserta lelang dikalahkan oleh pemilik kepiting Hamashita.