Kegunaan Kateter Dalam Medis

120

Catheter adalah alat bantu dalam penangan medis, yang terbuat dari sebuah pipa dari karet plastik yang biasanya sebagai alat bantu dimasukkan ke dalam tubuh melalu saluran atau kanal.

Catheter juga bisa digunakan sebagai alat yang dimasukkan ke dalam pemburu darah vena, jenis IV catheter digunakan sebagai pengobatan jangka lama sekitar 48 jam, juga bisa sebagai alat ganti needle.

Ada 5 jenis yang dimiliki catheter yaitu catheter plastik dugunakan sementara karena fleksibel dan mudah rusak. Catheter karet digunakan selama 2 minggu, sedangkan catheter silicon digunakan dalam 2 hingga 3 bulan dan catheter PVC digunakan 4 sampai 6 bulan, namun harganya sedikit mahal dan memiliki bahan lembut dan nyaman. Catheter logam digunakan untuk pemakaian sementara untuk mengosongkan kandung kemih ibu melahirkan.

Dalam penanganan medis catheter sering digunakan untuk medis khususnya yang tidak mampu mengosongkan kandung kemih atau urin tidak keluar. Sebab urin dikeluarkan karena jika menumpuk pada ginjal akan terjadi kegagalan ginjal, fungsi catheter sendiri alat memasukkan atau mengeluarkan cairan urin.

Pemasangan catheter tentunya dipasang oleh dokter untuk menjaga ke sterilannya, sebelum digunakan dianjurkan dibersihkan terlebih dahulu. Selain catheter, alat kelamin juga harus dibersihkan, lalu selang dimasukkan ke dalam saluran uretra menggunakan pelumas sampai 5 cm. Catheter dimasukkan hingga leher kandung kemih, setelah terpasang anda bisa menggunakannya, namun kosongkan dulu sebelum digunakan 6 sampai 8 jam.