Kaum Milenial yang Suka Baper!

124

Baper itu singkatan dari “Bawa Perasaan” , mungkin sebagian banyak orang pernah merasakannya. Bahkan kata-kata baper sendiri sudah menyebar luas dikalangan kaum milenial.

Tanpa sadar kamu juga pernah mengalami itu semua, ketika temanmu bercanda kelewatan atau berbicara yang tak pantas untuk diungkapkan. Sampai membuat kita terbawa suasana, pasti nanti dibilangnya “baper deh ih”

“Lama-lama banyak orang males romantis nantinya takut dibilang galau, males peduli takut dibilang “Kepo”. Males mengkritik takut dibilang “rempong”. Males mengubah pendapat takut dibilang “labil” bahkan males berpendapat takut dikira “curhat”, Kata Sujiwo Tedjo penyiar radio.

Bahkan orang-orang justru males meminta maaf, karena takut dibilang “baper”.

Apalagi kalau kamu mempunyai seseorang idamanan yang kamu taksir, terus kamu curhat kepada temanmu. Nah, besoknya orang itu lewat di depan kamu. Justru temenmu menyeplos “eh, Bambang! Temen gw suka sama lu nih. Mungkin kamu akan kesel dengan sikap temenmu yang seperti ini.

Kemudian kamu membisikan temanmu, kan kemarin sudah dibilang jangan bongkar rahasia. Bukannya meminta maaf, justru temanmu langsung menjawab “ hmm… gitu aja baper”. Paling parahnya lagi, temenmu malah yang marah. Bahkan tak sedikitpun teman yang berkelakukan begitu, mungkin tanggepan dia biasa saja. Tetapi itu kata-kata yang tidak pantas dijadikan bahan candaan.

Malahan kata-kata “Baper” justru menjadi makanan sehari-hari orang sekarang. Jadi terjadi apa-apa atau kita diam saja, dibilang “dih baperan”

Dampak dari kata-kata “baper” untuk penerima adalah dia yang berperasaan dan berani mengungkapkan apa yang dirasa justru akhirnya merasa bersalah bahkan memendam emosi positif maupun negatife.

Alhasil kamu meredam emosi apapun dalam hati dan tidak mau menggungkapkan karena takut dibilang “baper”.

Sebenarnya “baper” itu dalam takaran tertentu wajar, namanya juga manusia wajar dong memiliki perasaan. Apalagi kalau tidak punya perasaan, bukan manusia dong! Jadi buat apa akal digunakan.