Wow! Jutaan Data Pribadi Influencer Instagram Terekspose Ke Publik!

160
Instagram Got Hacked
Instagram Got Hacked

Menurut laporan TechCrunch, Data akun yang berjumlah 49 juta pengguna instagram termasuk influencer dan brand akun di ekspos secara online. Catatan itu termasuk data publik yang tampaknya diambil dari profil pengguna instagram serta data pribadi seperti nomor telepon dan alamat email.

Menurut laporan tersebut, database itu milik Chtrbox. Chtrbox adalah sebuah perusahaan pemasaran india yang menghubungkan influencer dengan merk-merk yang ingin mengiklankan dagangan mereka. Namun, Chtrbox tidak menanggapi permintaan untuk memberi komentar perihal tersebut.

Instagram melarang pengikisan akun dalam ketentuan layanannya. Situs web Chtrbox pun mengatakan lebih dari 184 ribu influencer instagram sudah menjadi klien nya, yang jauh lebih sedikit daripada jutaan catatan yang dilaporkan temuan di database.

Peneliti Cybersecurity Independen Anurag Sen menemukan data tersebut, mengatakan bahwa basis data tidak lagi terlihat oleh publik. Ini adalah satu lagi paparan dari basis data cloud yang tidak diamankan secara memadai. Masalah yang semakin besar karena semakin banyak perusahaan memasukkan data sensitif ke server cloud tanpa keahlian yang diperlukan untuk mengunci data. Para peneliti di seluruh dunia mencari basis data yang terbuka dan mencoba membuat perusahaan untuk mengamankannya, seperti cache informasi demografis pada 80 juta rumah tangga AS yang dihapus pada bulan April.

Ini bukanlah pertama kalinya akun instagram membocorkan informasi tenytang pengguna kelas atas. Pada 2017, seorang hacker memanfaatkan bug perangkat lunak du di aplikasi berbagi foto untuk menemukan nomor telepon dan informasi kontak para selebriti.

Wah mengerikan yah kalau data informasi kita bisa tersebar luas di internet begitu. Jadi bagaimana menurutmu perihal masalah ini? Berikan pendapatmu dikolom komentar yah..