Jakarta Great Online Sale Diprediksi Dorong Lonjakan Trafik

79

Panitia Jakarta Great Online Sale (JGOS) telah mengantisipasi trafik yang membludak selama berlangsungnya program diskon tahunan pada 24-30 Agustus 2018 mendatang.

Ketua panitia JGOS 2018 Irfan Badruzaman menjelaskan, tahun lalu situs JGOS mencapai trafik hingga sekitar 110 ribu per hari selama periode diskon. Irfan memprediksi trafik tahun ini akan jauh lebih tinggi karena JGOS diselenggarakan di akhir bulan, saat rata-rata perusahaan membayarkan gaji untuk para pegawainya.

“Tahun-tahun sebelumnya sih website tidak pernah sampai down, tapi sudah hampir memasuki limit. Jadi tahun ini kita double up, kalau tahun lalu kita sehari sekitar 110 ribu, jadi ekspektasi kami sekarang akan mencapai 200 ribuan perhari,” katanya saat ditemui usai acara konferensi pers JGOS di Gedung SMESCO, Jakarta Selatan, Kamis (23/8).

Selain menyediakan kapasitas trafik yang besar untuk situs JGOS, Irfan juga menyebut telah mengimbau seluruh e-commerce yang turut berpartisipasi di JGOS untuk mempersiapkan kapasitas trafik yang besar di situsnya masing-masing.

Irfan menjelaskan, nantinya pelanggan yang mengunjungi situs JGOS dapat memilih kategori produk yang ingin dibeli, setelah itu akan muncul sejumlah e-commerce yang menjual produk tersebut. Setelah itu, pelanggan akan diarahkan ke situs e-commerce yang mereka pilih untuk melakukan transaksi.

Lebih lanjut, ia pun mengatakan pihaknya telah menyarankan setiap e-commerce untuk mempersiapkan diri dari sisi pengiriman, karena tentunya diskon besar-besaran akan menyebabkan pembludakan jumlah transaksi.

“Secara general kami melihat semua e-commerce menjanjikan pengiriman maksimal tiga hari kerja setelah transaksi. Kami harap semua dapat sesuai dengan misi JGOS, yaitu memperkenalkan transaksi online kepada lebih banyak lagi masyarakat, serta mengutamakan keamanan dan kenyamanan dalam berbelanja online,” ujar Irfan.

Pihak JGOS berharap, melalui program ini jumlah transaksi di setiap e-commerce yang berpartisipasi akan mengalami kenaikan sebanyak paling tidak tiga kali lipat dari rata-rata jumlah transaksi di hari normal.

JGOS biasanya dilaksanakan bersamaan dengan momen perayaan ulang tahun Provinsi DKI Jakarta, yakni pada 22 Juni. Namun, tahun ini JGOS diselenggarakan pada 24-30 Agustus untuk memeriahkan gelaran Asian Games ke-18 di Jakarta dan Palembang. JGOS yang keenam ini diikuti oleh lebih dari 100 e-commerce di seluruh Indonesia.