Ini kata Ahli Psikologi Cara Mendapatkan “Trust”

85

20 persen wanita katanya mau memberikan nomor teleponnya kepada orang yang mau menyentuh mereka dengan sentuhan ringan

Trust, rasa percaya kepada seseorang, memang agak aneh prosesnya. Hanya 1 detik saja waktu yang diperlukan oleh otak untuk memutuskan apakah kita bisa percaya atau tidak kepada seseorang.

Tapi, sayangnya memang keputusan itu suka salah. Pengalaman sering salah mempercayai orang ini membuat kita makin sulit percaya kepada orang lain dan curigation to the max. Tapi bagi kita yg profesinya memang sangat memerlukan trust, nah ini ada cara yang admin mau bagikan trik.

Ok dicatat ya, ini ada 8 cara yang bisa sobat berseru lakukan :

  1. Tunjukkan bahwa kita memang menyukai mereka.
    Pertemuan pertama memang sangat menentukan sobat berseru. Sebisa mungkin timbulkan energi positif seperti rasa suka, simpatik dan perhatian kepada orang yang baru kita temui ? Kenapa ? Ya jawabannya karena Love at first sight itu memang naturenya manusia. Manusia akan sangat curigaan dan sangat aware di pertemun pertama.
  2. Tumpahkan kopimu.
    Ini hanya kiasan, tapi tidak salah juga jika mau dilakukan. Menumpahkan kopi itu adalah kiasan untuk menggambarkan suasana dimana kita ingin memberi kesan yang mudah diingat ketika bertemu seseorang. Selain menumpahkan kopi, ada banyak cara lain, seperti menceritakan hal konyol, atau menceritakan pengalaman yang sangat unik, memakai perhiasan lucu, kelupaan membawa jam, dan semacamnya.
  3. Sering Minta maaf.
    Sikap ini membuat orang menilai kita adalah orang yang rendah hati dan tidak keras kepala serta pedulian. Sikap positif ini akan sangat diingat oleh orang sebagai hal yang sangat berkesan, sehingga membuatnya menilai bahwa kita orang yang dapat dipercaya.
  4. Bertingkah seperti balita.
    Balita suka menirukan mimik, ucapan, gerak-gerik orang dewasa. Nah, misalnya ketika lawan bicara kita sedang cerita, kkta manggut-manggut, lalu mencoba mengulangi apa yang dia ceritakan, atau menyetujui misalnya : “Oh iya, gw juga rasa lu itu benar. Gw juga sering tuh.” Atau ketika dia ketawa kita ikut ketawa, dan semacamnya tapi jangan berlebihan ya sobat berseru.
  5. Ceritakan Rahasiamu
    Menceritakan rahasia kepada seseorang itu menunjukkan bahwa kita mempercayainya. Ketika kita mempercayainya, dia juga akan merasa mempercayai kita juga. Misal, ceritakan rahasia bagaimana kita berhasil menaikkan penjualan, atau rahasia membuat presentasi, rahasia masa kecil. Dsb.
  6. Perhatikan tempo bicara.
    Berbicaralah dengan penuh hati, perlahan, dan pasti. Ini membuat orang jadi lebih perhatian kepada kita. Lebih meyakinkan. Kalau kita terlihat meyakinkan maka selamat, trustnya akan menyusul diberikan kepada kita.
  7. Sesekali colek atau tepuk pundak..
    20 persen wanita katanya mau memberikan nomor teleponnya kepada orang yang mau menyentuh mereka dengan sentuhan ringan dibanding dengan yang tidak. Sentuhan ringan dan sopan seperti menyalam, menepuk pundak, pelukan ringan, colekan. Itu menunjukkan tidak ada keraguan dan perasaan dekat, tidak menjaga jarak.
  8. Puja puji, Jadikan mereka fokus.
    Ketika kita bicara dengan mereka, jangan borong cerita. Ketika kita borong cerita, alias tidak beri waktu kepada mereka berbicara, kita mmg akan dapat perasaan kagum, tapi tidak rasa percaya. Puja puji mereka, ceritakan kebaikan kebaikan mereka yang kita kagumi.

Nah itu tadi, 8 cara yang bole jadi panduan ketika berbicara dengan orang lain agar kita dapat trust dari mereka.

Tapi ada yang harus diperhatikan, harus sabar, dan murni dari hati ya sobat berseru. Semua kepercayaan itu tidak akan didapat dengan mudah, sabar dan tidak tergesa-gesa.

Ada yang paling penting, Jangan rusak kepercayaannya kepada kita. Ketika rusak, maka hampir mustahil mendapat kepercayaannya. Pelihara kepercayaan itu dan jangn rusak ya sobat berseru.

Semoga bermanfaat ya sobat berseru.