Ingat Wajah Lupa Nama

113

Banyak orang beranggapan bahwa mereka mulai pikun ketika mereka merasa ingat wajah tapi melupakan nama seseorang.

Fenomena ini di alami semua orang. Hal ini wajar terjadi. Namun, mengapa hal tersebut dapat terjadi?

Ini berkaitan dengan cara otak memproses dan menyimpan informasi. Di otak kita tersedia tempat untuk menyimpan informasi berupa gambar tapi tidak untuk nama.

Untuk mengingat wajah, otak diperintahkan untuk melihat, mengenali, mengamati, dan menyimpannya. Berbeda dengan mengingat nama, otak hanya diperintahkan untuk mendengar dan menyimpannya.

Di otak ada bagian khusus yang bertugas untuk mengenali wajah yaitu fusiform face area yang letaknya berada di lobus temporal yang terletak di bagian belakang telinga sedangkan untuk mengingat nama otak tidak punya bagian khusus karena otak hanya punya bagian untuk mengingat kata-kata.

gambar: google

Ketika mengingat nama dan wajah secara bersamaan, otak memiliki tugas yang berbeda sehingga sering mengakibatkan hilangnya informasi soal nama yang merupakan kata tersebut.

Untuk memperkecil kemungkinan untuk lupa, seseorang harus mengulangi nama dan mengaitkannya dengan hal yang unik atau menarik yang berupa gambar atau kejadian yang berhubungan dengan nama yang ingin diingat.

Jadi, begitulah kira-kira salah satu cara mengatasi lupa nama, guys!
Ini lupa nama ingat wajah ya, bukan lupa nama ingat rasa :)))