Ilusi Optik, Foto Hitam Putih Terlihat Berwarna, Otakpun Tertipu!

144

Melihat foto di atas, kalian akan menyimpulkan bahwa foto itu berwarna. Namun, jika dilihat dari dekat, foto tersebut sebenarnya hitam putih.

Ilusi optik aneh ini justru menjadi Viral, pasalnya banyak orang tertipu dengan penglihataannya dan pikirannya. Øyvind Kolås ini sesosok, penciptakan seniman media digital sekaligus pengembang aplikasi.

Kolås sendiri, menerapkan teknik yang disebut colour assimilation grid illusion, ia berhasil menciptakan efek cuma menambahkan lapisan grid berwarna tertentu di atas foto atau gambar hitam putih.

Kolås juga menambahkan jika efek ini bisa digunakan untuk gambar yang bergerak, bahkan ia juga berlagak dengan lapisan lain untuk mencapai trik visual yang sama.

“Raster titik mengasung analogi yang bagus macam teknik half-toning di percetakan, di mana asimilasi warna membantu terjadinya campuran warna optik sebelum sistem visual kita melihatnya,” kata Kolås.

Bahkan, dalam sebuah video Kolås, sanggup menyihir mata dan otak sehingga tertipu oleh animasi yang terlihat berwarna walapun harusnya hitam putih.