Hoaks! Tarif Listrik Naik Saat Sidang MK

113

Kabar kenaikan tarif listrik (TDL) menjadi bahan postingan warganet di twitter. Bahkan, ada pengguna facebook yang mengaitkan kabar itu dengan situasi Indonesia terkini terkait sengketa PHPU di Mahkamah Konstitusi (MK).

Contohnya adalah Nur Hasanah Martak. Gambar yang dia bagi diiringi teks: “Konten: Hebatnya jkw.. Rakyat lagi fokus sidang pilpres di MK sampai pd ngga sadari tarif listrik naik +-20%. Tanpa pengumuman lagi.” Masih di Facebook, beberapa pengguna membagi kabar berita lawas tersebut dengan berbagai tambahan komentar.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan memastikan bahwa tidak ada kenaikan tarif dasar listrik (TDL) seperti yang ramai di jagat media sosial Twitter. Jonan juga tidak mengetahui hal tersebut.

“Nggak, nggak ada itu. Saya nggak pernah tahu sih,” kata Jonan di Komplek Istana.

Kasus munculnya berita lawas soal kenaikan DL turut berpangkal dari sistem teknologi aplikasi dan mesin pencari di internet. Melalui pemeriksaan fakta, menyimpulkan bahwa postingan akun Facebook Nur Hasanah Martak soal kenaikan TDL adalah informasi yang salah. Bahkan, hoaks itu dibumbui situasi politik terkini, yakni sidang PHPU MK.