Hati Hati Ada Celah Hacker Lewat SMS

95

Berseru – Pengamatan tim penulusur keamanan AdavptiveMobile Security melaporkan bahwa ada celah di keamanan kartu SIM. Bermodal celah keamanan hacker dapat meakses atau meretas smartphone korban lewat SMS.

Dikutip dari Engadget, Senin (16/9/2019), julukan Simjacker ini dapat celah keamanan di kartu SIM. Lantas pihak lain bisa mematai-matai perangkat korban dengan celah keamanan tersebut.

Celah keamanan ini sangat tidak diketahui dengan bekerja melalui mengirim SMS dan pihak memanfaatkan kelemahan teknologi di kartu SIM, yaitu melalui S@T Browser (SIMalliance Toolbox Browser)

Melalui membuka browser, pengaturan panggilan dan mengaktifkan nada dering S@T Browser digunakan.

Dengan korban membuka situs-situs tanpa disadari korban smartphone pun di jelajahi dengan menginfeksi perangkat dengan malware. Simjacker ini menggunakan celah keamanan di kartu SIM untuk mendapatkan informasi sampai ke nomor IMEI kemudian di akses ke perangkat lain,” Jelas AdaptiveMobileSecurity.

Bahkan serangan ini akan menyerang jenis smartphone tertentu baik iOS maupun Android mengingat Simjacker memanfaatkan teknologi di kartu SIM. Pastinya hal ini berdampak serius bagi operator seluler dan mempengaruhi dari pengguna ponsel di dunia,”ujar tim peneliti.

Tim peneliti meyakinkan, celah keamanan telah di manfaatkan dua tahun terakhir oleh perusahaan swasta yang bekerja dengan pemerintah untuk memantau individu. Perusahaan keamanan itu juga sungkan mengungkapkan nama perusahaan tersebut.